Sukses

Kotoran Telinga Keras

01 Apr 2016, 10:48 WIB
Pria, 36 tahun.

Permisi dok, saya mau tanya tentang penyakit saya.. Telinga saya yang sebelah kanan tidak berfungsi normal sudah sejak smp. sudah beberapa kali cek ke dokter tak ada perkembangan sama sekali. teleingah sebelah kiri normal saja, namun yang kanan hanya sangat sedikit suara yang dapat di dengat.. saat membersikan telingah kiri.. kotorannya sedikit basah dan mudah untuk dibersikan namun untuk yang sebelah kanan seperti kering dan sulit dibersihkan.. Dulu pernah kata dokter katanya ada kaitanya dengan alergi saya.. saya memiliki alergi dingin dan debu.. yang dapat membuat saya peling hidung berair dan bersin2... namun jika hangat makan perlahan2 hilang .. mohon bantuanya terimakasih saran dan solusinya

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Halo apa kabar?

Kotoran telinga atau dalam bahas kedokteran disebut serumen merupakan cairan yang dihasilkan kelenjar di liang telinga. Cairan ini nantinya akan melapisi telinga Kita agar terlindung dari infeksi dan kerusakan. Serumen berfungsi menangkap kotoran dan debu yang masuk kedalam telinga karena sifatnya yang kental dan lengket. Serumen juga mampu melawan bakteri yang masuk ke dalam telinga.

Pada dasarnya telinga Kita sudah dirancang untuk dapat mengeluarkan kotoran itu sendiri. Proses pengeluaran tersebut dibantu oleh gerakan rahang saat kita berbicara dan mengunyah. Hindari membersihkan kotoran telinga menggunakan cotton bud yang keras dan kasar karena dapat melukai liang telinga Anda bahkan menyebabkan gendang telinga Anda robek bila mengoreknya terlalu dalam.

Jika Anda memiliki alergi sebaiknya Anda menghindari pencetus. Setelah itu, apabila keluhan masih berlanjut segeralah berobat ke dokter THT untuk diberikan obat alergi dan obat semprot hidung yang dapat membantu mengurangi keluhan Anda.

Semoga bermanfaat.

 

Salam hangat,

 

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar