Sukses

Mengatasi Keputihan

30 Mar 2016, 14:49 WIB
Wanita, 21 tahun.

hallo dok. mau tanya. sebelumnya saya belum pernah mengalami keputihan, namun seminggu sebelum haid kemarin saya keputihan (warna putih susu, kental). timbul bentol kemerahan (lumayan banyak) seperti jerawat di daerah bulu dekat selangkangan. kemudian keputihan berlanjut setelah haid, disertai gatal. setelah seminggu lebih, saya memakai krim hydrocortison 1% disekeliling vagina saya dan sekarang rasa gatal dan jerawat sudah hilang, namun keputihan tetap berlanjut. sekarang warna keputihan agak sedikit kuning (sebelumnya putih susu) dan jumlah keputihan tidak sebanyak sebelumnya. bagaimana cara mengatasi keputihannya dok? apa saya perlu berobat? dan apa penyebabnya? terima kasih

dr. Karin Wiradarma

Dijawab Oleh:

dr. Karin Wiradarma

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Halo, kami memahami kekhawatiran Anda.

Keputihan putih susu bergumpal yang gatal umumnya disebabkan oleh infeksi jamur. Jerawat yang ada di sekitar bulu pubis selangkangan Anda kemungkinan disebabkan oleh infeksi atau peradanagn folikel rambut (folikulitis). 

Kami tidak menyarankan Anda untuk menggunakan sembarang obat atau krim tanpa sepengetahuan dokter, karena dapat memberikan dampak negatif. 

Krim tersebut memang adalah antiradang dan antigatal, namun tidak dapat menyembuhkan semua penyakit. Pemakaian jangka panjang juga dapat menyebabkan efek samping.

Karena belum mendapatkan obat yang tepat, keputihan Anda tersebut belum dapat dihilangkan. Walaupun kami menduga keputihan tersebut akibat jamur, harus diperiksa secara langsung terlebih dahulu oleh dokter kelainan tersebut, barulah dapat diberikan pengobatan yang tepat.

Oleh karena itu, kami sarankan agar Anda berkonsultasi kepada dokter untuk pengobatan lebih lanjut.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar