Sukses

Mata Kanan Cepat Lelah

30 Mar 2016, 19:51 WIB
Pria, 15 tahun.

Dok, kenapa mata kanan saya cepat lelah? Dan ketika dipijat bagian bawah mata saya, rasanya sakit. Padahal yang kiri normal dan apabila dipijat tidak terasa apa-apa. Trims.

dr. Citra Roseno

Dijawab Oleh:

dr. Citra Roseno

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Apakah Anda saat ini menggunakan alat bantu seperti kacamata/lensa kontak? Mata yang terasa cepat lelah dapat dikategorikan sebagai astenopia. Astenopia adalah gejala-gejala yang diakibatkan oleh adanya upaya berlebihan untuk memperoleh ketajaman penglihatan dalam keadaan kurang sempurna. Gangguan ini banyak juga dijumpai pada seseorang yang terlalu lama berada di depan komputer.

Keluhan astenopia dapat diklasifikasikan sebagai berikut:

  • Okular, misalnya mata terasa pegal, berat, cepat lelah, pedas, panas, tak nyaman atau sakit sekitar mata.
  • Visual, misalnya penglihatan menjadi kabur rangkap atau penglihatan warna berkurang.
  • Referal, misalnya sakit kepala,mual, nyeri bahu dan punggung.

Keluhan-keluhan tersebut bersifat individual, dapat meningkatkan dan biasanya menghilang bila istirahat atau bangun tidur. Untuk mengatasi bisa digunakan obat tetes airmata (artificial tears), lensa kontak, penyisipan lensa okular, penutupan kantung airmata (lacrimal plug), kacamata yang tertutup rapat (goggles), serta mengobati kelainan yang menyertai, misalnya infeksi kelopak. Kemudian perlu juga dievaluasi ketajaman penglihatan Anda, adakah gangguan refraksi pada kedua mata, kelainan pada mata dan jaringan di sekitarnya, dsb. Untuk mengetahui penyebab pasti keluhan Anda dibutuhkan pemeriksaan fisik langsung terhadap mata Anda, sebaiknya Anda memeriksakan diri dokter spesialis mata agar diperoleh terapi yang optimal.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar