Sukses

Apakah Berpikir Terlalu Keras Membuat Otak Panas?

30 Mar 2016, 21:30 WIB
Pria, 17 tahun.

Dok saya mau tanya, apakah kalau otak digunakan berpikir terlalu keras bisa membuat suhu otak menjadi panas ? jika iya apa dampaknya ? trims

dr. Citra Roseno

Dijawab Oleh:

dr. Citra Roseno

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Otak manusia menggunakan sekitar 40% energi hasil metabolisme tubuh, sehingga suhunya cenderung meningkat lebih banyak dari organ lain, meskipun diketahui hanya terdapat sedikit perbedaan antara suhu inti tubuh dan otak. Sebelum tidur malam, setelah beraktivitas seharian, suhu tubuh dan otak berada dalam suhu tertinggi, yang dapat ditandai dengan menguap. Terdapat penelitian yang menunjukkan bahwa menguap merupakan mekanisme tubuh untuk mendinginkan aliran darah menuju otak.

Pada dasarnya, suhu otak tidak hanya dipengaruhi oleh satu faktor (seperti berpikir keras), namun dipengaruhi oleh aliran dan sirkulasi darah di otak serta perfusi jaringan otak. Selain itu faktor lain seperti siklus tidur, aktivitas kortikal otak (sensorik, motorik, asosiasi, dsb), dan stres juga mempengaruhi fluktuasi suhu otak, namun otak sudah memiliki regulasi suhu tersendiri sehingga suhu dapat berubah sepanjang hari agar fungsinya tetap terjaga.

Adapun peningkatan suhu otak yang signifikan dapat terjadi sebagai respon terhadap proses peradangan dan infeksi, atau sebagai respon terhadap adanya kerusakan area hipotalamus dan/atau jarasnya di otak.

Yang diketahui saat ini, berpikir keras memang mempengaruhi kinerja otak namun pengaruhnya lebih kepada penggunaan energi otak dibandingkan terhadap suhu otak. Berpikir keras atau berkonsentrasi tinggi pada suatu pekerjaan akan 'mengambil' banyak glukosa otak. Glukosa merupakan sumber energi utama tubuh termasuk otak. Oleh karena itu apabila sebelum mengerjakan ujian, atau pekerjaan yang membutuhkan banyak berpikir, kita dianjurkan untuk makan terlebih dahulu agar kadar glukosa otak tetap terjaga dan kita mampu berpikir maksimal, sehingga tidak timbul keluhan pusing, sakit kepala pasca ujian, yang dapat merupakan tanda kelelahan otak.

Berikut kami sertakan artikel untuk melengkapi informasi Anda: Kebiasaan Yang Dapat Merusak Otak

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

1 Komentar

  • Sun******S

    Apakah otak yang dipaksa bekerja keras bisa mengakibatkan stroke? Saya alami sesuatu yang sepertinya stroke saat saya berpikir keras 3 thn lalu. Saat itu saya sedang merancang mesin, dan tiba-tiba saat bekerja di depan komputer, saya merasakan ada sesuatu yang tiba-tiba membuat saya kaku dan tegang.