Sukses

Memutihkan Gigi dengan Baking Soda

30 Mar 2016, 10:02 WIB
Wanita, 0 tahun.

bagaimana efek samping memutihkan gigi dengan baking soda dengan dengan jeruk nipis

drg. Arni Maharani

Dijawab Oleh:

drg. Arni Maharani

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.com.

Memang baking soda dapat membantu menghilangkan noda pada gigi terutama stain yang disebabkan rokok, teh, kopi dan makanan lainnya, maka setelah noda hilang gigi dapat terlihat lebih bersih dan kembali putih seperti warna semula. Namun penggunaan baking soda ini tidak baik apabila dilakukan terlalu sering untuk gigi karena sifatnya yang abrasif dapat merusak permukaan gigi dan gusi. Jeruk nipis adalah buah dengan kadar keasam yang cukup tinggi, dimana kadar asam dari buah ini dapat merusak permukaan gigi melalui proses erosi.

Perlu Saya informasikan bahwa perubahan warna pada gigi ada yang disebabkan oleh faktor  intrinsik (dari dalam tubuh) dan ekstrinsik  di luar tubuh). Perlu dipastikan terlebih dulu apa yang menyebabkan gigi Anda berubah warna/menguning, baru dapat ditentukan rencana perawatan yang tepat untuk memutihkan gigi Anda. Salah satu alternatifnya adalah dengan perawatan dental bleaching (pemutihan gigi), meski banyak pemutih gigi yang dapat dibeli secara bebas namun Kami tetap menyarankan untuk berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter gigi sebelum melakukan bleaching.

Memutihkan gigi sebaiknya memang dilakukan setelah berkonsultasi dahulu ke dokter gigi. Memang ada bahan-bahan pemutih gigi yang beredar di pasaran dan dapat dibeli secara bebas tanpa resep dokter, namun konsumen sebaiknya terlebih dahulu mendapatkan informasi secara lengkap mengenai indikasi dan macam bahan pemutih gigi serta efek samping yang mungkin akan dialami pasien, begitu pula dengan penggunaan pasta gigi whitening yang hasilnya tidak maksimal atau sesuai yang diharapkan.

Berikut artikel terkait yang dapat Anda baca.

A-Z bleaching

Atasi Gigi Ngilu Setelah Dental Bleaching

Demikian infromasi yang dapat Kami berikan, semoga bermanfaat. Bila masih belum jelas dan ada hal yang ingin ditanyakan lebih lanjut silahkan layangkan pertanyaan Anda kepada Kami.

Salam sehat,

0 Komentar

Belum ada komentar