Sukses

Lutut Nyeri dan Berbunyi Pasca Olahraga

30 Mar 2016, 19:29 WIB
Pria, 18 tahun.

dok lutut kaki saya sebelah kiri atas sakit dan ketika di tekut mengeluarkan bunyi. itu saya alami setelah saya main voly, dan sudah 2 hari ini. apakah itu cidera yg serius dok ? thanks

dr. Citra Roseno

Dijawab Oleh:

dr. Citra Roseno

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Apakah saat bermain voli Anda sempat terjatuh atau terbentur? Nyeri pada daerah lutut pasca olahraga dapat disebabkan oleh pembengkakan dan peradangan jaringan di sekitar lutut seperti otot, atau ligamen, dapat pula disebabkan robekan pada ligamen lutut. Bila terdapat pembengakan pada otot memang dapat menyebabkan keluhan nyeri dan biasnya akan berangsur pulih dalam dan membaik dalam 5 hari hingga 2 minggu. Bila terdapat robekan maka diperlukan evaluasi lebih lanjut dan penanganan yang lebih intensif. 

Terdapat 4 jenis ligamen yang berada di sekeliling lutut, antara lain:

  • Medial collateral ligament (MCL) 
  • Lateral collateral ligament (LCL) 
  • Anterior cruciate ligament (ACL)
  • Posterior cruciate ligament (PCL) 

Cedera ligamen lutut paling sering mengenai ACL (ligamen yang berada di tengah depan). Penyebab tersering adalah terkena hantaman keras di sisi lutut seperti saat bermain sepak bola atau olahraga lainnya, hiperekstensi lutut, akibat stop tiba-tiba dan berubah arah saat lari, posisi turun saat loncat yang salah. Olahraga basket, sepakbola, voli, dan ski merupakan jenis olahraga yang dihubungkan dengan cedera ligamen lutut.

Untuk permeriksaan ligamen yang robek misalnya MCL atau ACL tear, dapat didiagnosis dengan pemeriksaan fisik. Untuk pemeriksaan penunjang, dapat dilakukan pemeriksaan seperti MRI ataupun arthroscopy (pemeriksaan invasif dengan dilakukan tindakan pembedahan untuk diagnostik)

Operasi pada ligamen bergantung dari besarnya robekan yang terjadi. Pada cedera ligamen lutut yang mengganggu kualitas hidup dan pada pasien yang aktif bergerak dibutuhkan operasi pada ligamen. Sekitar 80% orang yang menjalani operasi ligamen mendapatkan hasil yang baik, meskipun terkadang masih dapat mengeluhkan nyeri. Pada pasien yang tidak dioperasi sekitar 50% mengeluhkan ketidakstabilan lutut. 

Untuk mengetahui penyebab pasti keluhan Anda memang dibutuhkan pemeriksaan fisik langsung dan pemeriksaan penunjang ulangan. Oleh sebab itu kami sarankan Anda memeriksakan diri langsung ke dokter spesialis ortopedi (bedah tulang) untuk terapi optimal.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar