Sukses

Kemungkinan Memiliki Anak Pasca Lepas KB
30 Mar 2016, 06:23 WIB
Wanita, 25 tahun.

Assalammualaikum Wr. Wb. Saya menggunakan KB suntik perbulan setelah melahirkan anak pertama secara normal. anak saya sudah berumur 2thn 3bln, saya dan suami berencana untuk punya anak lagi. Saya mau tanya dok, benar atau tidak kalau kita pernah menggunakan KB kemungkinan untuk punya anak lagi agak lama jaraknya dari kita lepas KB tsb ?? mohon penjelasannya dok, terimakasih.

dr. Citra Roseno

Dijawab Oleh:

dr. Citra Roseno

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Sebetulnya apabila setelah lepas KB siklus haid Anda sudah teratur kembali maka fungsi organ reproduksi sudah kembali normal dan sudah dapat hamil lagi. 

Mengenai pil KB, perlu diketahui bahwa seluruh metode kontrasepsi yang bersifat hormonal, baik itu suntik, pil, maupun susuk, dapat merubah pengaturan hormon di dalam tubuh wanita dan menyebabkan gangguan menstruasi. Biasanya, kondisi perubahan hormon ini diawali dengan perdarahan tidak teratur, terutama pada 3 bulan awal penggunaan alat kontrasepsi. Keluhan seperti flek, menstruasi sedikit atau bahkan tidak menstruasi sama sekali disebabkan karena menipisnya lapisan lendir rahim. 

Keseimbangan hormon Anda secara perlahan akan kembali ke titik normal apabila penggunaan kontrasepsi hormonal dihentikan. Ada beberapa orang yang dapat segera hamil setelah 1-2 minggu pasca lepas KB, namun biasanya dalam kurun waktu 3 hingga 9 bulan menstruasi akan kembali reguler dan normal dalam hal frekuensi, jumlah maupun siklus yang menandakan bahwa organ reproduksi telah kembali siap. Jadi hal ini dapat berbeda-beda pada setiap orang bergantung pada teratur atau tidaknya siklus haid, keseimbangan hormonal dalam tubuhnya, ada tidaknya gangguan reproduksi, kesuburan dan status kesehatan calon ibu dan suami.

Kunjungi juga Rubrik Kebidanan dan Kandungan yang kami miliki untuk informasi seputar kehamilan. Semoga Anda dan keluarga sehat selalu serta dapat segera memperoleh momongan.

Kami sertakan beberapa artikel yang dapat menambah informasi Anda :

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar