Sukses

Sindrom PCO

31 Mar 2016, 11:35 WIB
Wanita, 24 tahun.

sore dok, sy didiagnosa mengalami pco.. program hamil yg harus sy jalani seperti apa?? awal didiagnosa sy disuruh menurunkan berat badan 10 % n rajin olahraga. sudah sy lakukan.. lalu selanjutnya apa yg harus sy lakukan?? terimakasih

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah berkonsultasi di Klikdokter.com

PCO atau polikistik ovarium merupakan kelainan di indung telur wanita akibat ketidakseimbangan hormon. Sindroma ovarium polikistik dapat menyebabkan gangguan siklus menstruasi dan menyebabkan gangguan kesuburan. Gejalanya antara lain adalah mentruasi tidak teratur (menjadi jarang atau berdarah banyak), gangguan kesuburan, gangguan pematangan sel telur sehingga telur yang ada berukuran kecil, gangguan metabolisme lemak, peningkatan berat badan dan jaringan lemak pada tubuh bagian atas, timbul jerawat pada muka atau badan,  pertumbuhan rambut-rambut halus yang berlebihan di wajah dan badan.

PCOS juga dapat menyebabkan terjadinya resistensi insulin perifer dan hiperinsulinemia (tingginya kadar insulin dalam tubuh) akibatnya penderita PCOS cenderung akan mengalami gangguan dalam pengaturan metabolisme lemak (lipid) dan  pengaturan kadar gula darah (kadar gula darah menjadi tinggi dalam tubuh seperti yang terjadi pada penderita gula darah), sehingga mereka menjadi obesitas.

Selain memperbaiki berat badan, seseorang dengan PCO akan diberikan terapi hormonal dan terapi untuk menurunkan resistensi insulin yang terjadi dengan pemberian obat. Sebelum itu dilakukan, perlu diketahui apakah pada Anda telah mengalami resistensi insulin, caranya dengan melakukan pemeriksaan kadar gula darah dan kadar hormon insulin. Kami menganjurkan anda untuk menghubungi dokter spesialis kebidanan untuk tatalaksana lebih lanjut.

Demikian informasi ini disampaikan semoga bermanfaat

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar