Sukses

Batuk darah namun tidak merokok

30 Mar 2016, 16:27 WIB
Pria, 37 tahun.

Dok, saya mau tanya, sudah 2 hari saya pilek, tp tiba-tiba saya mengalami batuk-batuk dan mengeluarkan darah banyak dan kental dari mulut dah hidung..kondisi badan saya sehat dan saya tidak merokok, berasa kalau mau batuk ada cairan yang naik dr tenggorokan seperti bergumpal seperti reak ingus...apa yang menyebabkan keluar darah begitu banyak..dan dari mana darah itu berasal..apa saya terkena TBC Dok..terima kasih

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih terlah berkonsultasi di Klikdokter.com

Batuk atau lendir yang berdarah saat batuk dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti adanya luka lecet pada saluran pernafasan akibat batuk yang terlalu dipaksa dan beberapa penyakit seperti flek pada paru (yang disebabkan oleh bakteri tuberculosis). Namun untuk daerah endemis di Indonesia,banyak sekali pasien yang terinfeksi tuberkulosis. 

Penyakit tuberkulosis ini sering tidak disadari penderitanya. Ada beberapa gejala yang menyertai penyakit ini antara lain keringat di malam hari, berat badan yang susah naik, batuk yang cukup lama, serta berkurangnya nafsu makan dan anggota keluarga atau tentangga yang terkena penyakit flek. 

Untuk memastikan Anda terkena TBC atau tidak diperlukan pemeriksaan dahak untuk mencari kuman penyakit dan foto rontgen. Kami menganjurkan Anda untuk mengunjungi dokter terdekat untuk tatalaksana lebih lanjut. Sebaiknya pengobatan untuk hal ini tidak ditunda sebab batuk darah yang terjadi dalam jangka panjang akan menyebabkan kondisi Anda menurun.

Demikian informasi ini disampaikan. Semoga bermanfaat

Salam,

 

0 Komentar

Belum ada komentar