Sukses

Arti Bulan Sabit pada Kuku dan Lemon bagi Penderita Maag

30 Mar 2016, 00:56 WIB
Wanita, 34 tahun.

Siang dokter 1.saya mau tanya apa benar arti dari bulan sabit pada kuku manandakan suatu penyakit? 2. Apa boleh tiap pagi minum air lemon hangat sedangkan saya punya penyakit maag? Sebelumnya terima kasih ya dok

Halo, terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.com

Bentuk bulan sabit berwarna putih yang berada pada dasar kuku seperti yang Anda maksudkan dalam dunia medis disebut lunula. Lunula sendiri sebenarnya adalah akar kuku yang terlihat dari luar. Pada beberapa sumber disebutkan bahwa memang bentuk dan tidak adaan lunula ini dapat mencerminkan kondisi kesehatan orang yang bersangkutan.

Ketidak adaan lunula pada kuku dapat menjadi indikasi kurang darah/ anemia dan malnutrisi, sedangkan bentuk lunula yang mirip piramida dapat mencerminkan trauma yang terjadi pada kuku. Selain bentuk, warna lunula juga dikatakan dapat mencerminkan kondisi kesehatan seseorang. Lunula yang berwarna biru pucat dapat menjadi indikasi adanya penyakit diabetes mellitus. Bila lunula berwarna merah, beberapa kondisi kesehatan yang mungkin terjadi pada orang yang bersangkutan diantaranya : penyakit jantung, kelainan darah dan gangguan kolagen pada pembuluh darah. Akantetapi bentuk dan warna lunula ini bukan merupakan petanda pasti, melainkan hanya sebagai indikator dari kemungkinan gangguan kesehatan yang dapat terjadi. Gangguan kesehatan hanya dapat dipastikan melalui pemeriksaan langsung secara menyeluruh, bukan hanya dari bentuk lunula.

Selain lunula, bentuk kuku secara juga dapat menjadi petanda adanya kemungkinan gangguan kesehatan pada seseorang. Lebih jauh tentang kaitan bentuk kuku dan kesehatan, berikut artikel kami untuk memperkaya wawasan Anda : 8 Arti Tanda Kuku dengan Kesehatan Anda

Terkait pertanyaan Anda tentang air lemon hangat bagi penderita maag, konsumsinya secara teratur boleh saja dilakukan dengan catatan dalam jumlah yang wajar dan dilakukan setelah makan serta tidak dalam keadaan perut kosong. Konsumsinya secara berlebihan atau dalam keadaan perut kosong dapat memicu produksi asam lambung yang berlebihan sehingga mengakibatkan nyeri lambung.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat dan Anda sekeluarga selalu sehat ya.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar