Sukses

Sakit Perut Bawah Saat Kehamilan 8 Bulan
29 Mar 2016, 16:11 WIB
Wanita, 26 tahun.

selamat siang Dok.saya lagi hamil saya mau tanya kenapa d bgian bwah perut atau kndung kmih saya sring sakit.klo buat kncing.apa setiap ibu hmil merasakn seperti itu ya dok,usia kehamilan saya sudah msuk 8bulan.tolong infonya dok,terimakasih

Halo, terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.com

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Pada kehamilan yang mulai memasuki trimester 3, ukuran rahim sudah cukup besar sehingga dapat menekan organ di sekitarnya. Inilah alasannya mengapa Ibu dan wanita lain yang hamilnya sudah cukup besar kerap mengalami sakit perut bawah, termasuk di daerah kandung kemih.

Rahim yang sudah berukuran cukup besar, apalagi bila kepala bayi sudah berada di bawah akan menekan tulang- tulang yang berada pada rongga panggul. Penekanan ini akan mengakibatkan pergeseran tulang yang menyebabkan ketidaknyamanan hingga sakit di perut bawah. Selama rasa tidak nyaman yang dirasakan berada pada batas wajar, maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan karena ini adalah proses yang normal. Namun apabila sakit yang Anda alami cukup mengganggu hingga menyebabkan keterbatasan dalam melakukan aktivitas harian, maka sebaiknya Anda mengkonsultasikan keluhan tersebut ke dokter spesialis kandungan guna pemeriksaan lebih lanjut.

Selain keluhan sakit perut bawah, ibu hamil yang kehamilannya sudah cukup besar juga kerap mengalami gangguan buang air kecil. Gangguan ini juga disebabkan oleh tertekannya kandung kemih dan saluran kemih oleh rahim sehingga dapat menyebabkan hambatan saat pengosongan kandung kemih. Selain itu, hormon kehamilan juga dikatakan berperan dalam menyebabkan hambatan serupa. Hambatan dan gangguan ini menyebabkan ibu hamil lebih rentan terkena infeksi saluran kencing. Selain sakit perut bawah, tanda yang akan dialami ibu hamil yang mengalami infeksi saluran kencing adalah sebagai berikut :

  • Rasa panas atau sakit saat buang air kecil

  • Rasa sakit di punggung

  • Buang air kecil sedikit- sedikit tapi sering

  • Tidak lega setelah buang air kecil

  • Ada darah di air kencing

  • Meriang, demam, lemas


Bila Anda mengalami gejala- gejala tersebut, sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis kandungan untuk mendapatkan terapi lebih lanjut yang tepat dan optimal. Infeksi saluran kencing yang tidak tertangani dengan baik dapat meningkatkan risiko bayi lahir prematur atau berat lahir bayi rendah.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga kehamilan Ibu berjalan lancar dan selalu sehat ya.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar