Sukses

Pegal di Sekitar Belikat

29 Mar 2016, 12:28 WIB
Pria, 32 tahun.

selamat pagi dokter yang baik. sudah semingguan ini, saya mengalami rasa pegal di punggung kiri atas, terutama di bagian sekitar belikat. terkadang rasa pegal semakin terasa bila sedang dalam posisi tertentu, seperti saat posisi tidur menyamping dan membungkuk dalam. bahkan pada posisi membungkuk dalam, terasa pegal sekali. ketika menarik nafas panjang, otot dada terasa tertarik dan sesak. kenapa ya dok, apakah itu gejala penyakit jantung atau hanya masalah otot daerah belikat? ketika di pijat daerah tersebut saya terasa sangat nyaman sekali apalagi bila oles balsem penghangat. apa yang harus saya lakukan. mohon informasinya, terima kasih.

dr. Citra Roseno

Dijawab Oleh:

dr. Citra Roseno

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Tulang belikat menghubungkan tulang lengan atas (humerus), tulang selangka (klavikula), dan otot-otot punggung atas, leher, dan lengan. Nyeri atau pegal yang timbul pada daerah tersebut dapat disebabkan oleh postur tubuh yang tidak tepat, penggunaan otot bahu yang berlebihan, cedera otot, stres psikologis, bentuk tulang belakang abnormal, saraf yang terjepit, penyakit paru, hingga penyakit lain pada organ di dalam dada dan perut.

Untuk mengetahui penyebab pasti keluhan Anda perlu diketahui, 

  • Apakah Anda mengalami keluhan seperti kesemutan, baal, rasa panas, kelemahan otot, nyeri kepala, dsb?
  • Apakah terdapat keluhan batuk, sesak napas, nyeri dada?
  • Apakah sebelumnya terdapat riwayat cedera, mengangkat beban, atau olahraga?
  • Apakah Anda pernah terdiagnosis dengan skoliosis sebelumya?

Penyebab paling umum nyeri belikat adalah postur tubuh yang salah. Misalnya akibat posisi tubuh bungkuk, duduk terlalu lama, serta otot punggung dan bahu yang lemah.  Untuk sementara, Anda dapat mencoba latihan peregangan otot dengan berdiri tegak, menarik kedua bahu ke arah belakang dan bawah, tahan selama 2-3 detik, ulangi sebanyak 3x 12 kali. Selain itu coba berlatih dengan posisi plank, atau jenis olahraga lain untuk menguatkan otot punggung, leher, dan bahu.

Apabila keluhan masih berlanjut, terutama jika disertai dengan keluhan lain yang disebutkan di atas, saya sarankan Anda memeriksakan diri ke dokter untuk evaluasi penyebab lainnya dan terapi optimal.

Berikut kami sertakan artikel untuk melengkapi informasi Anda:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar