Sukses

Nyeri Tiba-tiba Pada Kaki Anak

29 Mar 2016, 12:23 WIB
Wanita, 23 tahun.

selamat pagi dokter saya mau tanya, saya memiliki anak perempuan usia 20bulan. ketika usia dia 19bulan suatu ketika dia tiba2 nangis dan merasa sakit di bagian kaki sebelah kiri sehingga dia tdak bisa bangun maupun berjalan. kejadian bermula ketika dia berumur 19bulan 3kali. dan sekarang diumur 20bulan, kejadian sperti itu terulang lagi sebanyak 3kali selama 3hari berturut2. tp ketika dia merasakan sakit itu hanya hitungan 1-2menit, selanjut nya dia bisa berjalan dan berlari seperti biasa. pertanyaan saya, menurut dokter apa penyebab anak saya mengalami seperti itu? dan tindakan apa yg harus sy ambil? terima kasih sebelumnya.

Hallo Bu, Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.com

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Nyeri kaki pada anak yang datang tiba- tiba bisa dilatarbelakangi oleh berbagai hal, dari yang ringan dan jinak hingga keganasan.

Berikut adalah penjelasan dari kemungkinan penyebabnya :

  • Benturan atau trauma. Benturan atau trauma dapat menyebabkan otot tertarik, keretakan tulang atau dislokasi yang menumbulkasn nyeri.

  • Infeksi : radang sendi, radang tulang dan selaput pembungkusnya

  • Reaksi imunitas : radang pada cairan pelumas sendi, radang sendi anak yang tidak diketahu penyebabnya (juvenile idhiopatic artritis), lyme disease, radang sendi akibat infeksi bakteri

  • Nyeri otot karena peradangan di otot

  • Keganasan : kanker darah, kanker tulang, Ewing´s sarcoma

Ibu jangan khawatir, sebagian besar nyeri kaki yang dialami anak disebabkan oleh penyebab yang dapat diatasi dengan penanganan yang optimal. Olehkerana itu, untuk mengetahui penyebab pasti dari keluhan yang dialami si Kecil dan guna menatalaksana sesegara mungkin, sebaiknya Ibu membawanya ke dokter spesialis anak agar dapat diperiksa langsung dan diberikan terapi yang paling sesuai.

Semoga keluhan yang dialami si Kecil segera dapat ditangani dan tumbuh kembangnya selalu lancar ya.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar