Sukses

Sariawan Berulang di Tenggorokan

28 Mar 2016, 10:06 WIB
Wanita, 21 tahun.

Dok saya sering sariawan di tenggorokan, kira2 gejala apa itu dok??

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-Konsultasi Tanya Dokter dari KlikDokter.com.

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Sariawan dapat terjadi pada lapisan mukosa dalam rongga mulut mulai dari bawah bibur hingga ke sekitar bagian tenggorokan. Dalam kehidupan sehari-hari kita pasti pernah mendengar bahwa sariawan disebabkan oleh kekurangan vitamin C karena vitamin C berfungsi untuk membantu pembentukan zat kolagen yang berperan pada kesehatan mukosa mulut. Namun demikian, sebenarnya, tidak hanya kekurangan vitamin C yang dapat menyebabkan sariawan. Beberapa hal lain yang dapat menyebabkan sariawan terutama sariawan berulang adalah:

1. Faktor genetik (keturunan)

2. Kekurangan berbagai vitamin dan mineral seperti zat besi, asam folat, B-6 dan B-12

3. Masalah pada sistem imun (daya tahan tubuh)

4. Infeksi kuman

Untuk itu anda perlu menjaga kebersihan rongga mulut anda serta mengkonsumsi makanan yang mengandung berbagai vitamin dan mineral untuk membantu kesehatan mulut anda. Jika sariawan yang anda alami sangat mengganggu berkonsultasilah dengan dokter agar dokter dapat mencari penyebab dan memberikan penanganan dengan tepat bagi anda.

Jika Anda memiliki pertanyaan seputar kesehatan, silakan kirimkan pertanyaan Anda melalui fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,RF

    0 Komentar

    Belum ada komentar