Sukses

Anak Disentri
27 Mar 2016, 20:46 WIB
Pria, 1 tahun.

Dok. Anak saya usia 14bulan hari ini mengalami diare sudah 5x bab dan 2x ada bercak darah sedikit.. Cara menangani nya gimana ya..? Dan penyebab nya apa? Anaknya aktif nafsu makan nya juga lagi baik. Minum susu morinaga regular dri usia 7bln. Misalnya alergi pda susu sapi knp bru timbul gejala nya skrg ya dok? Trmksh ????

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-Konsultasi Tanya Dokter dari KlikDokter.com.

Kami mengerti kekhawatiran anda. Diare berdarah pada anak dapat disebabkan oleh berbagai hal seperti infeksi jenis bakteri tertentu, infeksi parasit tertentu, alergi susu atau makanan, peradangan saluran cerna, dll. Dari uraian yang ibu sampaikan, kemungkinan untuk alergi susu sapi kecil karena anak ibu sudah mendapatkan susu formula sejak usia 7 bulan dan baru sekarang mengalami diare berdarah, selain itu alergi susu sapi biasanya juga disertai dengan gejala pada kulit dan saluran pernapasan. Dari cerita yang ibu sampaikan lebih mungkin penyebab diare berdarah (disentri) pada anak ibu adalah infeksi jenis bakteri atau parastit tertentu. Oleh karena itu kami sangat menyarankan agar ibu membawa anak ibu berobat segera ke dokter agar dokter dapat melakukan pemeriksaan lebih lanjut dan memberikan pengobatan yang tepat. Yang dapat ibu lakukan sebelum ke dokter adalah memastikan bahwa asupan cairan anak cukup karena diare dapat menyebabkan dehidrasi jika asupan cairan tidak baik. Awasi gejala yang lain seperti demam atau muntah karena kedua gejala ini juga sering muncul pada anak diare. 

Jika Anda memiliki pertanyaan seputar kesehatan, silakan kirimkan pertanyaan Anda melalui fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,RF

0 Komentar

Belum ada komentar