Sukses

Penyakit Panu Apakah Bisa Sembuh

27 Mar 2016, 18:56 WIB
Wanita, 14 tahun.

Sejak beberapa tahun yang lalu di bagian pinggul saya terdapat panu yang banyak, selama beberapa tahun itu saya tidak terlalu memperdulikannya dan juga tidak pernah mengobatinya. Tapi belakangan ini saya mulai khawatir karena tidak hilang2, akhirnya saya mulai memakaikan krim anti jamur (seperti fungiderm dan daktarin) tapi saya akui saya tidak rajin memakaikannya, sehari pakai dan sehari tidak, bahkan pernah selama sebulan saya tidak pakai. Dan saya perhatikan, panu di bagian pinggul saya ini sedikit sekali mengurangnya tapi malah muncul di bagian paha saya. Saya ingin tanya dok, apakah panu saya ini benar2 bisa di sembuhkan? Dan kenapa panu saya ini malah menyebar? Dan apa krim anti jamur yang paling efektif? Tolong penjelasannya dok, karena panu saya ini sangat mengganggu penampilan. Terima kasih.

Terimakasih Anda telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.com

Panu atau Pitiriasis versikolor adalah infeksi jamur superfisial yang sering terjadi disebabkan oleh Malasezia furfur. Gejalanya berupa gambaran bercak  coklat maupun keputihan pada permukaan kulit, biasanya disertai rasa gatal namun pada beberapa kasus tidak terdapat gatal. Masalah kosmetik menjadi alasan utama pengobatan penyakit ini, penderita biasanya menjadi tidak percaya diri akibat penyakit panu ini.

Penyakit panu ini banyak menyerang orang yang tinggal di daerah lembab, seperti Indonesia, mudah menyerang orang-orang dengan daya tahan tubuh yang rendah, serta oorang yang memiliki hieginitas yang buruk. Untuk itu untuk mengobati penyakit tersebut yang dapat Anda lakukan ialah:

  1. Menjaga keberishan tubuh, mandilah minimal 2 kali sehari, atau lebih, sesuai dengan aktifitas Anda sehari-hari
  2. Jaga kondisi tubuh, makanlah makanan yang mengandung gizi yang tinggi, istirahat cukup, dan rutin berolah raga
  3. Sering lah mengganti handuk untuk mencegah penularan jamur ke bagian tubuh yang lain.
  4. Rutin lah berobat, jamur sangat sulit disembuhkan terutama jika sudah berlangsung lama. Jamur memiliki semacam akar yang hinggap pada kulit, hal tersebut yang membuat panu sulit disembuhkan. Pengobatan penyakit ini membutuhkan ketekunan dan keseriusan dari penderitanya. Namun untuk jenis obat yang diberikan kami sarankan Anda berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter untuk mendapatkan pemeriksaan dan terapi yang tepat.
  5. Gunakan sabun mandi yang mengandung belerang.
  6. Rutinlah mencuci pakaian, jangan gunakan pakaian secara berulang. karena pakaian yang sudah terpakai menjadi media untuk perkembangan jamur.

Jadi, penyakit panu memang dapat disembuhkan, namun diperlukan kesungguh-sungguhan bagi penderitanya untuk sembuh. Dengan menerappkan pola hidup bersih dan sehat, serta pengobatan yang teratur,penyakit ini bisa disembuhkan.

Demikian saran yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar