Sukses

Menghitung Masa Subur Pasca Keguguran
28 Mar 2016, 20:24 WIB
Wanita, 22 tahun.

Salam kenal dok,saya ibu mega.. dok saya dr tgl 17 januari sampai 1 maret kemaren pendarahan,,, berhenti tgl 1 maret,, saya test pack postf,tp saya priksa di dok SPoG Dan di transvagina katanya gak ada calon bayinya,, dan sel telur saya bagus,cuma 30% cew posisinya kebalik,,, gak tau saya maksdnya itu apa,,,, lalu saya mulai haid tgl 18 maret kmrn,, dan haid saya cuma 3 hari,,,, sudh bersh,, biasanya 7 hari bersh,,,, itu knp ya dok,,, dan skrng sya bingung menghitung masa subur nya,,, bagaimana dok? Saat ini saya sedang konsumsi vit dari bidan saya ,,mohon infonya dok,, terimakasih sebelumnya.

Terimakasih Anda telah menggunakan layanan e-konsultasi klikdokter.com

Saudari kami kurang dapat memahami pertanyaan Anda, tapi kami akan coba menjawab sesuai dengan keluhan Anda.

Kami tidak memiliki informasi mengenai usia kehamilan Anda, namun dari kisah yang Anda sampaikan kemungkina besar Anda mengalami keguguran (abortus). Karena setelah perdarahan dokter tidak menemukan adanya janin pada kandungan Anda yang kemungkinan janin tersebut telah keluar dari dalam rahim.

Setelah itu Anda mengalami menstruasi yang tidak teratur, itu bisa saja terjadi akibat belum normalnya hormon-hormon reproduksi pasca keguguran. Masa subur biasanya terjadi pada 14 hari sebelum hari pertama menstruasi berikutnya dan Anda dapat berhubungan 2 hari sebelum dan 2 hari sesudah tanggal tersebut. Anda harus mengetahui siklus menstruasi Anda beberapa bulan berikut sehinga kita dapat menentukan perkiraan masa subur kita. Namun masa subur juga dapat dirasakan dari tanda-tanda berikut:

  1. Lendir vagina menjadi lebih bening, kental, dan lengket
  2. Peningkatan suhu basal tubuh
  3. peningkatan hasrat seksual

Mengonsumsi vitamin sangat dianjurkan pada kondisi khusus seperti pasca keguguran, karena dapat membantu memperbaiki kondisi tubuh, dan mempersiapkan rahim untuk kehamilan berikutnya.

Jika Anda ingin kembali mempersiapkan kehamilan pasca keguguran, yang harus Anda lakukan ialah:

  1. Berkonsultasi dengan dokter

Sebelum memulai persiapan kehamilan, sangat baik jika Anda melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter yang sebelumnya merawat Anda. Dokter tersebut tentu sudah mengetahui riwayat kesehatan Anda dan kemungkinan penyebab Anda mengalami keguguran, sehingga dapat diberikan terapi yang optimal selama persiapan kehamilan.  

  1. Mengonsumsi makanan yang bergizi  

Persiapkan tubuh Anda dengan mengonsumsi makanan yang mengandung asupan karbohidrat, protein, lemak, sayur dan buah, serta vitamin dan mineral. Anda sebaiknya menghindari minuman kopi yang dapat meningkatkan detak jantung dan merangsang sistem saraf.

  1. Mengonsumsi asam folat

Konsumsi asam folat sebanyak 400 mikrogram per hari dapat mengurangi risiko gangguan perkembangan otak janin. Selain suplemen yang mengandung asam folat, Anda juga bisa mendapatkan asam folat dari makanan berikut: sayuran berdaun hijau, serealia, serta buah-buahan seperti jeruk, anggur, dan buah jenis sitrus lainnya.

  1. Menjaga berat badan

Berat badan merupakan salah satu faktor penentu dalam masa kehamilan. Berat badan yang kurang atau berlebihan bisa menjadi salah satu komplikasi selama kehamilan dan risiko mengalami kesulitan saat proses kelahiran.

  1. Menjaga pola hidup sehat

Terapkan pola hidup sehat dengan berolahraga rutin dua kali dalam seminggu, berhenti merokok dan minum alkohol. Kesemua hal ini erat kaitannya dengan kegagalan konsepsi.

  1. Berhubungan seksual di waktu yang tepat

Dua hari sebelum ovulasi dan dua hari sesudah ovulasi merupakan waktu yang tepat untuk melakukan hubungan seksual. Hal ini dapat meningkatkan kemungkinan Anda mendapatkan keturunan. 

0 Komentar

Belum ada komentar