Sukses

Beberapa Gigi Geraham Atas dan Bawah Rusak

28 Mar 2016, 12:37 WIB
Pria, 21 tahun.

Salam Dok, Saya ingin menanyakan solusi yang tepat untuk gigi saya. Sekitar 6 geraham bawah dan 2 geraham atas saya mengalami kerusakan bahkan ada beberapa yang mahkotanya telah hancur. Apakah ini masih bisa diperbaiki Dok ? karena Saya khawatir akan menghambat masa depan saya dan profesi yang mengharuskan tidak ada gigi yang bolong dan tetap sehat. Terimakasih Dokter.

drg. Arni Maharani

Dijawab Oleh:

drg. Arni Maharani

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.com.

Halo, Salam sehat. Kami memahami kekhawatiran Anda dan turut prihatin atas kondisi gigi berlubang yang dialami. Gigi berlubang merupakan suatu kondisi kerusakan gigi yang tidak dapat sembuh sendiri dan tidak boleh dibiarkan karena kerusakan yang terjadi akan semakin parah serta bisa membahayakan kesehatan, baik kesehatan dalam rongga mulut maupun kesehatan tubuh.

Perawatan gigi berlubang bergantung dari tingkat karies atau kerusakan jaringan gigi yang terjadi, seperti seberapa besar atau dalam dan apakah telah melibatkan kamar saraf gigi. Jika lubang masih dangkal dan sebatas lapisan dentin gigi tanpa terjadi infeksi kamar saraf gigi maka perawatan bisa dilakukan dengan penambalan. Namun jika lubang telah menyebabkan terbukanya kamar saraf gigi maka diperlukan perawatan saluran akar yang memerlukann kunjungan berkali-kali. Selain itu luasnya karies atau lubang gigi juga menentukan jenis tambalan yang akan diberikan, apakah tambalan biasa atau harus menggunakan tambalan yang dibuat dilaboratoriuam seperti inlay dan juga penggunaan mahkota/crown gigi.

Kami sangat menyarankan agar sebaiknya Anda segera memeriksakan kondisi gigi Anda ke dokter gigi untuk mendapatkan perawatan pada gigi-gigi geaham Anda. Perlu diketahui bahwa gigi berlubang yang sudah tidak dapat dirawat lagi maka akan dilakukan pencabutan guna  menghindari infeksi dan komplikasi lainnya. Anda tidak perlu khawatir karena pencabutan gigi adalah prosedur medis yang aman dilakukan selama sesuai dengan indikasinya. 

Demikian informasi yang dapat Kami berikan, semoga bermanfaat. Jika ada yang belum jelas atau ingin kembali menanyakan seputar kesehatan gigi, silahkan layangkan kembali pertanyaan Anda. Kami akan dengan senang hati menjawabnya.

Semoga lekas sembuh. 

0 Komentar

Belum ada komentar