Sukses

Penanganan MDS

28 Mar 2016, 22:45 WIB
Pria, 49 tahun.

saya menderita MDS produksi darah merah yg tdk normal (hasil test BMD)..sdh 5 bln ini transfusi krn HB sll <8 dan belum ada obatnya... darah WBC & RBC dibwh normal, Trombosit normal..mohon pencerahan pak dokter....apakah dgn istirahat bia sembuh ?terima kasih

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi klikdokter

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Myeodisplastic Syndrome atau disingkat MDS adalah sebuah gangguan pembentukan darah, dan sayangnya tidak dapat disembuhkan hanya dengan istirahat. Apakah Anda sudah berkonsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam atau dokter spesialis penyakit dalam bagian hematologi? Pada beberapa keadaan, MDS ditangani dengan transfusi berulang. Namun kami menyarankan agar Anda berkonsultasi dengan dokter Anda untuk penanganan yang terbaik untuk Anda.

Izinkan juga kami menjelaskan tentang hubungan gizi dengan kadar Hb, kami akan memberitahukan kepada anda hubungan antara zat besi dan hemoglobin,

Zat besi amat penting bagi tubuh untuk menghasilkan hemoglobin. Hemoglobin adalah bagian dari sel darah merah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh. Jika tubuh kekurangan zat besi, maka suplai oksigen jadi kurang. Tubuh jadi cepat lelah, lemas, dan pusing. Ini yang disebut sebagai anemia.

Nah, agar tubuh tidak kekurangan zat besi, Anda harus mengkonsumi makanan sehat yang tinggi zat besi, seperti:

  1. Bayam
    Ini adalah sayuran yang populer untuk mencegah anemia. Bayam amat tinggi vitamin A, kalsium, zat besi, dan vitamin serta mineral penting lainnya. Setengah piring bayam mengandung 3,2 mg zat besi.
  2. Ubi Bit
    Sangat tinggi zat besi yang membantu memperbaiki dan menambah sel darah merah. Bagi penderita anemia disarankan untuk mengonsumi ubi bit sebagai bagian dari diet.
  3. Daging Merah
    Pilihlah bagian daging seperti hati, ginjal, dan liver karena banyak mengandung tinggi zat besi. Konon, daging liver sapi mengandung lebih dari 600% zat besi yang dibutuhkan oleh tubuh dalam sehari.
  4. Roti Gandum
    Roti gandum adalah sumber zat besi yang amat tinggi. Satu roti gandum akan menghasilkan zat besi sebesar 6 persen dari jumlah zat besi harian.
  5. Telur
    Selain tinggi zat besi, telur merupakan sumber protein dan antioksida yang membantu melindungi tubuh bila terserang anemia. Satu telur mengandung 1 mg zat besi. Untuk melawan anemia, telur adalah makanan wajib bagi penderita anemia.

Selain mengonsumsi makanan sehat, jangan lupa untuk hidup sehat. Olah raga secara teratur dapat meningkatkan asupan oksigen untuk mengalirkan darah. Rutin meminum suplemen penambah darah juga baik untuk Anda. Pilihlah suplemen yang teruji klinis yang mengandung vitamin dan mineral penting untuk pembentukan sel dara merah seperti zat besi, vitamin B12 dan asam folat.

Namun, mengingat Anda memiliki penyakit ginjal perlu dipastikan terlebih dahulu apakah penyebab anemia yang Anda alami adalah karena penyakit ginjal. Berapa kadar hemoglobin Anda? Penyakit ginjal apa yang Anda alami, apakah gagal ginjal? Jika Anda menderita gagal ginjal, salah satu efek sampingnya adalah menurunnya kadar hemoglobin karena terganggunya pembentukan hemoglobin akibat berkurangnya hormon eritropoietin. 

Sebaiknya konsultasikan dengan dokter spesialis penyakit dalam agar dapat dilakukan evaluasi dan tatalaksana lebih lanjut.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga dapat bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar