Sukses

Bagaimana Agar Bayi Sehat Hingga Proses Persalinan Tiba
23 Mar 2016, 06:25 WIB
Wanita, 25 tahun.

Anak pertama saya iufd.. Terlilit tali pusat dan kelainan di tali pusatnya.. Sekarang saya sudah hamil lagi uk 6week.. Saya maun tanya.. Bagaimana caranya agar saya bisa melahirkan dengan selamat dan baby yang saya kandung bisa selamat dan umur panjang??

dr. Irma Rismayanty

Dijawab Oleh:

dr. Irma Rismayanty

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kami mengerti rasa khawatir yang Anda rasakan. Penyebab bayi IUFD memang sulit diprediksi. Bisa terjadi kapanpun hingga menjelang persalinan. Ibu haruslah kontrol rutin ke dokter spesialis kandungan agar dapat diketahui kondisi janin ibu. kontrol kehamilan atau ANC adalah rangkaian pemeriksaan yang dilakukan pada ibu dan janin dengan tujuan memberikan kesejahteraan, baik untuk ibu dan si calon bayi, sayangnya kesadaran masyarakat untuk mengikuti program kesehatan ini masih minim, padahal dampak positif yang didapat sangatlah besar.

Seorang ibu hamil disarankan untuk minimal melakukan satu kunjungan saat trimester pertama (kehamilan 0-12 minggu), satu kunjungan saat trimester kedua (12-24 minggu), dan minimal dua kunjungan pada trimester ketiga (24-37 minggu), semakin dekat dengan waktu kelahiran semakin sering seorang ibu harus mengikutiantenatal care.

Apa saja yang didapat melalui antenatal care? Pertama, tenaga kesehatan akan memeriksakan kondisi kandungan ibu, termasuk di dalamnya posisi janin yang dapat membantu memperkirakan cara persalinan kelak, juga tidak ketinggalan denyut jantung janin yang selalu dipantau terutama ketika kehamilan sudah memasuki 20 minggu. 

Kemudian sang ibu juga akan diberikan edukasi bagaimana menjaga kehamilannya, termasuk diberikan anjuran untuk memakan suplemen yang mendukung kesehatan ibu. Vaksinasi juga termasuk dalam rangkaian program antenatal care, sungguh lengkap bukan? Dengan niat dan kemauan untuk mengikutiantenatal care, kita sudah membantu pemerintah menurunkan angka kematian ibu dan bayi, dan ini semua untuk kesejahteraan kita semata.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar