Sukses

Belum Kunjung Hamil Pasca Lepas KB
24 Mar 2016, 22:06 WIB
Wanita, 20 tahun.

Selamat sore dok saya ingin bertanya. Saya keguguran saat usia kandungan saya 3 bulan sy menjalani proses kuret, dan dokter saya menyarankan untuk tidak hamil dulu selama 6 bulan, selama 6 bulan saya menggunakan KB pil karna waktu itu alat kontrasepsi yang di sarankan hanya Pil dan Kondom. Setelah saya lepas pil KB saya belum juga kunjung hamil, saya sudah 5 bulan lepas kb pil, apakah ini normal? Setelah di kuret juga saya mengalami beberapa keluhan seperti tidak teraturnya siklus haid saya, keputihan dengan aroma yg tidak sedap, dan mengalami rasa sakit di bagian perut bawah pada saat akan mendekati tgl haid. Mohon di jawab dok ,terimakasih

dr. Citra Roseno

Dijawab Oleh:

dr. Citra Roseno

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Umumnya setelah satu minggu dari kuretase, darah sudah tidak ada lagi. Jika tidak terjadi komplikasi, umumnya kesuburan akan kembali normal. Jika sudah mendapat haid lagi berarti fungsi organ reproduksi sudah kembali normal dan sudah boleh hamil lagi. Jika seorang dikuret, seorang perempuan akan mulai berovulasi 2 - 3 minggu setelah tindakan kuretase, sehingga sebetulnya dapat segera hamil. Namun, dianjurkan agar ibu menunda kehamilan berikutnya selama kurang lebih 3 bulan, hingga organ reproduksi ibu kembali ke bentuk semula dan ibu telah siap secara fisik dan mental untuk hamil lagi.

Mengenai pil KB, perlu diketahui bahwa seluruh metode kontrasepsi yang bersifat hormonal, baik itu suntik, pil, maupun susuk, dapat merubah regulasi hormon di dalam tubuh wanita dan menyebabkan gangguan menstruasi. Biasanya, kondisi perubahan hormon ini diawali dengan perdarahan tidak teratur, terutama pada 3 bulan awal penggunaan alat kontrasepsi. Keluhan seperti flek, menstruasi sedikit atau bahkan tidak menstruasi sama sekali disebabkan karena menipisnya lapisan lendir rahim. Mungkin yang Anda alami merupakan efek dari penggunaan kontrasepsi tersebut.

Keseimbangan hormon Anda secara perlahan akan kembali ke titik normal apabila penggunaan kontrasepsi hormonal dihentikan. Ada beberapa orang yang dapat segera hamil setelah 1-2 minggu pasca lepas KB, namun biasanya dalam kurun waktu 3 hingga 9 bulan menstruasi akan kembali reguler dan normal dalam hal frekuensi, jumlah maupun siklus yang menandakan bahwa organ reproduksi telah kembali siap.

Namun untuk kepastian diagnosis, kami sarankan Anda untuk konsultasi ke Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan. Pemeriksaan secara menyeluruh, termasuk USG kandungan (jika diperlukan) akan memperjelas ada tidaknya gangguan pada organ reproduksi Anda.

Kunjungi juga Rubrik Kebidanan dan Kandungan yang kami miliki untuk informasi seputar kehamilan. Semoga Anda dan keluarga sehat selalu serta dapat segera memperoleh momongan.

Kami sertakan beberapa artikel yang dapat menambah informasi Anda :

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar