Sukses

Keluhan Pasca Minum Kopi

24 Mar 2016, 22:37 WIB
Wanita, 22 tahun.

halo dokter, saya ingin konsultasi. saya bekerja di depan komputer, hampir setiap hari saya minum 1 cangkir kopi dalam sehari. ada jenis kopi tertentu yang setelah saya habiskan 1 cangkir saya merasa jantung berdebar dan tangan saya gemetar. saya browsing ini adalah efek dari kafein. Apakah ini bahaya dokter? Apakah saya masih boleh meminum kopi tersebut? karena itu adalah jenis kopi yang saya suka. Terima Kasih

dr. Citra Roseno

Dijawab Oleh:

dr. Citra Roseno

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Jantung yang terasa berdebar-debar sehingga menimbulkan sensasi yang tidak nyaman dalam dunia kedokteran dikenal sebagai palpitasi. Seseorang dapat mengalami palpitasi meskipun tidak mengalami penyakit jantung ataupun irama jantung yang abnormal. 

Palpitasi yang dirasakan setelah makan dapat terjadi ketika jantung memompa darah ke saluran pencernaan untuk membantu proses pencernaan. Penyebab lain adalah fluktuasi dari gula darah dan efeknya terhadap jantung, makan yang berlebihan, makan makanan pedas, makan makanan yang tinggi kadar lemak, gula, dan karbohidrat (terutama bila dikonsumsi setelah periode lapar yang lama), atau alergi makanan tertentu. Selain itu, minum minuman yang berkafein seperti kopi atau alkohol juga dapat menyebabkan palpitasi. Keluhan ini juga sering disertai dengan keringat dingin atau tangan gemetar. 

Sensitivitas terhadap kafein pada setiap orang dapat berbeda satu sama lain. Kandungan kafein dalam kopi juga dapat bervariasi antar satu jenis minuman kopi dan lainnya, bergantung pada cara mengolah kopi, tipe biji kopi, dan jumlah yang digunakan. Umumnya tubuh membutuhkan waktu 5-6 jam untuk mengeliminasi setengah kandungan kafein dalam secangkir kopi. Pada orang-orang yang lebih sensitif terhadap kafein, efek dari kafein tersebut mungkin dirasakan lebih lama.

Minum kopi boleh saja, namun untuk mengurangi keluhan berdebar-debar atau rasa tidak nyaman, sebagai alternatif Anda dapat mencoba jenis kopi lain dengan kadar kafein yang lebih sedikit, hindari kondisi perut kosong atau belum makan sebelum minum kopi, atau memesan kopi yang decaffeinated (hampir tidak mengandung kafein). Apabila terdapat keluhan yang memberat, kami sarankan Anda memeriksakan diri ke dokter untuk evaluasi yang optimal.

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar