Sukses

Cara Mendeteksi Diabetes
21 Mar 2016, 15:40 WIB
Wanita, 34 tahun.

Bagaimana cara mudah mendeteksi diabetes

dr. Mega Putri

Dijawab Oleh:

dr. Mega Putri

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Orang yang memiliki risiko tinggi memiliki diabetes umumnya adalah mereka yang memiliki keturunan diabetes dari orangtua/keluarga, sering mengonsumsi makanan tinggi gula dan karbohidrat lainnya, obesitas, dll.

Untuk memastikannya, dapat dilakukan pemeriksaan gula darah sewaktu, puasa, atau dua jam setelah makan.

Dapat pula dilihat dari gejala awal diabetes yang biasa disebut dengan 3 P, yakni :

1.     Poliuria (banyak kencing)

Hal ini terjadi ketika kadar gula melebihi ambang ginjal yang mengakibatkan glukosa dalam urin menarik air sehingga urin menjadi banyak. Maka acapkali para penderita diabetes mengalami buang air kecil dengan intensitas durasi melebihi volume normal (poliuria).

2.     Polidipsi (banyak minum)

Karena sering buang air kecil, acapkali para pasien diabetes (diabetesein) akan banyak minum, (polidipsi). Karena demikianlah kita sering mendapati para diabetesein mengalami keluhan lemas, banyak makan (polifagi).

3.     Polifagi (banyak makan)

Seorang diabetesein yang baru makan akan mengalami ketidakcukupan hormon insulin untuk memasukkan glukosa ke dalam sel, hal ini akan menyebabkan tubuh akan selalu ‘merasa’ kelaparan, sehingga tubuh sering terasa lemah. Kompensasinya seseorang diabetesein akan makan lebih banyak lagi.

Lakukan pemeriksaan dini pada tubuh, tidak perlu menunggu hingga timbul gejala. Karena dengan dilakukan diagnosis dini, dokter dan pasien dapat menanggulangi diabetes melitus dengan baik agar kita mampu mencegah tersebut sebaik-baiknya.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar