Sukses

Manfaat DAn Efek Kontrasepsi Darurat

22 Mar 2016, 10:48 WIB
Wanita, 27 tahun.

pada tanggal 7 maret 2016, saya dan pacar saya melakukan petting tanpa celana sampai pacar saya hampir ejakulasi, ketika dia keluar saya buru2 bangun tetapi karena takut ada sperma yg masuk saya minum postinor-2 setelah itu tanggal 8 tengah malam ternyata saya mens. lalu tgl 18 kemarin kami melakukan petting lagi tetapi pacar saya masih jauh dari orgasm, namun sebelum orgasm biasanya ada cairan madzi dan biasanya mengandung sperma, karena takut hamil akhirnya tgl 19 kemarin saya minum postinor-2 lagi. apakah obatnya akan bekerja jika saya minum dalam selang waktu 12 hari?

dr. Irma Rismayanty

Dijawab Oleh:

dr. Irma Rismayanty

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kami mengerti rasa khawatir yang Anda rasakan. Kontrasepsi darurat yang Anda konsumsi mengandung levonorgestrel 750 mcg. Levonorgestrel memang efektif untuk menghentikan kehamilan bila dikonsumsi kurang atau sama dengan 72 jam setelah berhubungan. Sebenarnya efek samping dari levonorgestrel sangat minimal namun terkadang dapat menyebabkan spotting, perdarahan, mual, muntah. Levonorgestrel bekerja dengan cara mengentikan proses pemempelan telur ke dinding, atau menghentikan keluarnya telur. Levonorgestrel langsung bekerja saat dikonsumsi, namun sebenarnya lebih efektif sesaat setelah berbuhungan tanpa proteksi. Keefektifan levonorgestrel bila dikonsumsi kurang atau sama dengan 72 jam setelah berhubungan adalah 97 - 99%. Dan berkurang fungsinya bila digunakan berulang dalam waktu yang berdekatan. 

Sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis kandungan dan kebidanan untuk memastikan kondisi Anda karena memang idealnya seseorang memeriksakan diri ke dokter minimal 3 minggu setelah mengkonsumsi kontrasepsi darurat. Kami tidak dapat memberikan pengobatan karena untuk memberikan pengobatan diperlukan pemeriksaan fisik dan penunjang. Anda tidak perlu takut untuk datang ke dokter karena dokter akan menjaga privasi Anda.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar