Sukses

Kenapa Benci Nasi Pada Saat Hamil?
19 Mar 2016, 11:49 WIB
Wanita, 24 tahun.

mau nanya aku lg hamil, bawaannya mual tp gak sampai muntah. tp mualnya ckup mengganggu krn badan lemes sprti org sakit. tiba2 jd benci nasi putih, kalau liat sprti mau muntah. ini bgmna? trus cocoknya produk susu prenagen apa yg diminum?

Terimakasih Anda telah menggunakan layanan e-konsultasi

Mual dan muntah dalam kehamilan disebut dengan emesis gravidarum atau dikenal dengan sebutan morning sickness, di Indonesia lebih dikenal dengan istilah ngidam. Gejala ini diderita oleh 80% ibu hamil, dimulai pada minggu ke 4-8 dan berlangsung hingga minggu ke 14-16 kehamilan, setelah itu keluhan mual dan muntah akan berangsur berkurang. Penyebab pasti emesis gravidarum sampai saat ini belum diketahui, mamun peningkatan hormon reproduksi seperti human Chorionic Gonadotropine (hCG), estrogen, dan progesteron menjadi penyebab mual dan muntah pada ibu hamil, selain itu infeksi kuman H. Pylori, serta faktor psikis juga menjadi penyumbang terjadinya keluhan tersebut.

Gejala Emesis Gravidarum ini antara lain:

  1. Produksi air liur meningkat, ibu menjadi sensitif terhadap bau-bauan tertentu, di Indonesia terutama nasi putih. Keluhan mual  begitu mencium bau nasi putihmerupakan gejala yang sangat banyak ditemui pada Ibu hamil di Indonesia, penyebab hal tersebut belum dapat dijelaskan. Ada yang menjelaskan bahwa hal tersebut berhubungan dengan gejala psikologis yang muncul secara tidak sadar berupa bentuk mencari perhatian agar pasangan senantiasa memberikan makanan yang tidak biasa dimakan sewaktu selum hamil.
  2. Badan terasa lemas, karena intake makanan yang kurang
  3. Mual berkurang dengan mengonsumsi makan makanan asam
  4. Mual dan muntah terutama saat pagi

Anda tidak perlu terlalu khawatir, karena hal tersebut merupakan proses normal dari ibu hamil dan gejala pun akan berkurang seiring dengan bertambahnya usia kehamilan. Jika Anda berkonsultasi ke dokter, dokter akan memberikan obat anti mual yang aman untuk ibu hamil dan janin guna mengurangi gejala mual muntah pada ibu. Selain itu, Jika ibu menjadi tidak suka dengan makanan sehari-hari (semisal nasi putih), gantilah jenis makanan dengan makanan yang ibu suka, tentu saja yang bersih dan tetap mengandung gizi seimbang untuk ibu hamil. Banyak mengonsumsi air putih agar ibu tidak mengalami dehidrasi. Selain itu konsumsi suplemen ibu hamil seperti produk susu yang khusus untuk ibu hamil dengan emesis gravidarum sangatlah dianjurkan

Jika keadaan emesis ini berlangsung berlebihan hingga membuat berat badan ibu turun drastis, dehidrasi dan lemas, itu disebut dengan Hiperemesis Gravidarum. Keadaan tersebut harus segera dikonsultasikan kepada dokter untuk memperoleh penanganan lebih lanjut.

Semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar