Sukses

Kemungkinan dan Persiapan Hamil di Usia 40 tahun ke Atas?
23 Mar 2016, 23:02 WIB
Wanita, 44 tahun.

Dear Dr, Bagaiman pendapat nya apabila mengikuti program hamil tapi usia telah memasuki 44 tahun. Apakah masih ada kemungkinan dan bagaimana persiapannya terima kasih

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com,

Perlu diketahui bahwa kehamilan terjadi apabila sel sperma dan sel telur bertemu, secara kesimpulannya selama seorang wanita masih memproduksi sel telur (belum menopause) dan tidak ada gangguan pada organ reproduksinya, tentunya ia mampu untuk hamil.

Namun perlu diingat bahwa usia terbaik untuk melahirkan adalah di bawah 40 tahun. Semakin tua usia maka semakin tinggi risiko bagi ibu maupun janin, diantaranya:

  • Fertilitas/kesuburan menurun, semakin tua usia semakin sulit untuk hamil.

  • Risiko keguguran tinggi

  • Kelainan genetik: semakin tua usia, semakin tinggi risiko kelainan genetik seperti cacat bawaan meningkat. Kelainan tersering pada bayi adalah Down Syndrome.

  • Risiko penyakit meningkat selama kehamilan: diabetes, hipertensi, preeklampsia/eklampsia, sampai kematian.

  • Masalah selama melahirkan: wanita usia tua biasanya mengalami pemanjangan waktu melahirkan dan berisiko menyebabkan fetal distress.

Untuk itu, secara umum butuh pertimbangan yang sangat besar untuk memutuskan hamil di usia diatas 40 tahun, mengingat begitu banyaknya risiko kesehatan seperti yang disebutkan di atas. Namun keputusan akhirnya ada pada ibu dan pasangan. Bila memang memutuskan untuk mencoba hamil kembali, kami sarankan Anda menjalaninya dengan pemantauan teratur dari dokter spesialis kebidanan dan kandungan. Selain itu, mengenai persiapan hamil dan programnya, akan sama saja seperti dibawah 40 tahun bila kesehatan organ kandungan Anda baik-baik saja. 

Semoga penjelasan ini bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar