Sukses

Sembelit pada Anak
23 Mar 2016, 23:00 WIB
Wanita, 1 tahun.

Selamat malam dok Sy ingin menanyakan, skrg ni ank sy pake susu morinaga chilkid reguler dok, yg sya keluhan, dy sering sembelit dok, bab tdk tyl hari, sbnarnya ini sdh b.langsng lama sejak dy masih bayi tp sudh sy konsulkan ke dokter katax srh kasih makanan yg berserat, oke sdh sy kasih dok, tp tetel az dok typ kali dy bab sll mengejan, dan tetep tdk typ hri, dan akhir2 ini dy sering batuk hampir 2 bulan skli mzty kedokter dg keluhan batuk, nah dri situ si dokter nyuruh sy untuk mengganti susunya dg soya klo batuk ini di obati tp blm sembuh, smpai sekrg ank sy masih minum chilkid reguler, gmn dok apakah sy tetap dg chilkid reguler ato menggantinya dg soya, mengingat anak sy skrg sdh tdk batuk..tapi masih sembelit, sya kasihan melihat dy klo lg bab dok sllu mengejan dan wrna fesesnya itu hijau tua dok dan ada sedikit lendir.. .mohon penjelasannya dok terima kasih.

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Sulit BAB dapat disebabkan karena konstipasi fungsional (sembelit tanpa gangguan organ), atau dapat juga karena gangguan organik, misalnya kelainan pada saluran cerna. Berikut ini adalah beberapa penyebab anak susah buang air besar:

  • Kurangnya asupan makanan yang mengandung serat
  • Kurangn minum/cairan
  • Mengkonsumsi susu formula. Susu formula dapat mempengaruhi frekuensi BAB anak dan dapat memperparah konstipasi karena protein pada susu formula sulit dicerna.
  • Asupan makan kurang. Jika anak sulit makan atau makan hanya sedikit, frekuensi BAB juga akan berkurang.

Pastikan kebutuhan cairan (minum) tercukupi, dan beri makanan yang mengandung serat seperti buah dan sayur. Jika menurut dokter anak Anda penyebabnya adalah susu formula, coba ganti dengan susu jenis lain. Jika keluhan BAB membaik, maka mungkin benar penyebabnya susu formula. Jika keluhan menetap, coba lakukan pemeriksaan analisa feses (tinja) lengkap untuk menilai apakah ada infeksi atau tidak.

Yang perlu anda khawatirkan adalah jika penurunan frekuensi BAB pada anka anda disertai dengan timbulnya keluhan-keluhan seperti perut kembung dan teraba keras, sering muntah, berat badan tidak naik, dll. Jika hal-hal tersebut terjadi pada bayi anda, kami sarankan sebaiknya anda segera membawa anak Anda ke dokter spesialis anak..

Berikut kami lampirkan artikel menganai konstipasi pada anak:

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar