Sukses

Gangguan Mata Karena Serangga
17 Mar 2016, 22:45 WIB
Wanita, 2 tahun.

Anak saya akhir2 ini daerah matanya bengkak seperti digigit seangga, namun bengkaknya lama2 bernanah, kenapa ya dok?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Keluhan mata bengkak dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti alergi, gigitan serangga, infeksi dan lain-lain. Jika bengkak pada mata anak anda benar akibat gigitan serangga, maka harus ditangani dengan serius, karena jika tidak dapat menimbulkan komplikasi bahkan sampai terjadi kebutaan. Gigitan serangga ini mengeluarkan racun, racun berasal dari perut serangga maupun cairan yang dikeluarkan yang mengenai mata kita dan menyebabkan berbagai komplikasi baik karena efek langsungnya maupun alergi yang ditimbulkannya. Akibatnya pada mata tergantung kerasnya racun yang mengenai mata kita. Paling ringan adalah gatal dan memerah di kulit, yang paling berat bisa sampai bengkak, melepuh dan mengelupas kulitnya disertai rada panas yang sangat pedih, konjungtiva bisa bengkak dan yang paling bahaya adalah kornea bisa bengkak hebat dan terkelupas semua lapisannya, bahkan sampai terjadi nanah atau endoftalmitis dalam bola mata akibat reaksi alerginya.

Pertolongan pertama akibat gigitan serangga :

Jangan diberi boorwater, lakukan irigasi dengan air bersih atau air mineral sedikit demi sedikit sampai 250cc lalu berhenti untuk evaluasi rasa nyeri. Jika anda merasa masih ada sisa serangganya, coba ambil cotton bud steril, kalau tidak bisa , jangan dipaksakan. Jangan menggunakan benda yang tak steril karena dapat menyebabkan infeksi. Jika terjadi bengkak dimata jangan kompres dengan air panas, malah justru menambah bengkak dan memerah bahkan akan terjadi vasodilatasi atau pelebaran pembuluh darah yang menyebabkan semakin banyak sel radang akibatnya mata jadi makin merah dan makin bengkak, lebih baik gunakan air dingin( bukan es batu ) untuk kompres, air dingin berfungsi mengecilkan pembuluh darah, mengurangi bengkak. 

Pengobatannya :

  1. Bilas sisa tubuh serangga ataupun cairan racunnya dengan cairan steril

  2. Berikan obat anti alergi ( bisa berupa tetes, salep, obat minum, kalau diperlukan bisa obat suntik ) tergantung tingkat alergi yang dialami

  3. Diberi antibiotik dan anti nteri sesuai keadaan penderita

  4. Evaluasi ketat bila terjadi kerusakan kornea 

  5. Dibebat untuk mencegah infeksi lanjutan dan menghindari luka yang makin melebar ketika mata beraktivitas seperti berkedip

  6. Istirahatkan mata untuk mempercepat proses penyembuhan

Untuk memastikan bahwa kondisi yang anak Anda alami bukanlah suatu hal yang serius dan untuk mencegah komplikasi lebih lanjut, kami sarankan Anda untuk memeriksakan anak anda ke Dokter Spesialis Mata agar mendapatkan penanganan optimal dari kondisi yang ada.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam

0 Komentar

Belum ada komentar