Sukses

Biji Di Kulit
18 Mar 2016, 13:39 WIB
Pria, 4 tahun.

Hallo dok sy mw tya ada beberapa hal yg sy risaukan soal masalah kulit anak sy ada semacam biji2 kecil di kulit anak sy semacam biji air tp bentukx jg tdk bisa pecah sy sdh bw ke dokter anak untk maslah kulitx soal biji2 yg ada di kulit bagias pas di pantat anak sy sdh di ksh salep tp nggak hilang2 dok itu sgt buat sy terganggu skl melihat kulit anak sy bgtu mohon bantuanx dok dan cara mengatasix terima kasih banyak?

Halo Saudara Detresya...

Mohon maaf atas keterlambatan Kami menjawab konsultasi Anda. Terima kasih telah mempercayakan permasalahan kesehatan Anak Anda kepada Kami. Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan sekarang. Untuk penyakit pada kulit sebenarnya sangat sulit disimpulkan jika tidak melihat dan memegang secara langsung keluhan timbulnya biji-biji pada anak Anda. Apakah yang Anda makksud seperti bintil kecil? Apakah warnanya putih yang dalamnya seperti ada cairan atau warnanya hampir sama seprti kulit? Apakah gatal? Ada nyeri?

Ada beberapa penyakit kulit yang mempunyai gejala seperti yang telah Anda sebutkan. Salah satunya adalah moluskum kotagiosum. Moluskum kontagiosum menyebabkan gejala terbentuknya papul yang cukup banyak. Papul merupakan benjolan yang berbatas tegas, licin, berbentuk kubah dan sewarna dengan kulit. Ukuran dari papul ini bervariasi, biasanya antara 2-6 milimeter. Di bagian tengah benjolan seringkali terdapat lekukan kecil yang berisi bahan seperti nasi dan berwarna putih, yang merupakan ciri khas untuk moluskum kontagiosum. Papul ini dapat meradang secara spontan ataupun karena trauma akibat garukan. Papul yang meradang memberikan gambaran benjolan yang merah, dan hangat.

Moluskum Kontagiosum ini memang lebih sering terjadi pada anak-anak dibandingkan pada orang dewasa. Pada individu yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang normal, moluskum kontagiosum akan sembuh sendiri tanpa pengobatan dalam waktu enam sampai 18 bulan. Karena moluskum kontagiosum dapat mudah menular, dokter biasanya akan merekomendasikan tindakan medis, terutama untuk orang dewasa. Tindakan medis ini meliputi pengangkatan papul melalui:

  • Operasi
  • Cryotherapy (pembekuan dengan nitrogen cair)
  • Electrocautery (terapi dengan jarum)
  • Terapi laser

Untuk memastikan diagnosa sebaiknya konsultasikan secara langsung kepada dokter spesialis kulit dan dilakukan pemeriksaan langsung agar terapi dapat segera diberikan.

Demikian penjelasan yang dapat Kami berikan. Semoga dapat membantu. (KM)

0 Komentar

Belum ada komentar