Sukses

Hasil MRI Otak

20 Mar 2016, 18:07 WIB
Wanita, 21 tahun.

Selamat siang yth dokter, saya ingin menanyakan hasil MRI ibu saya. Ibu saya berumur 53 thn, 5 hari lalu menjalani MRI dengan hasil sbb : Saat ini terdapat massa pada sisterna pontine kiri ukuran 2.0 x 1,5 cm di sertai tanda deformitas pons dan akumulasi cairan subdural pada serebelum sisi kiri. tak tampak lesi fokal patologis pasca kontras pada parenkim serebri . Terdapat lesi lakunar hiperintens (T2) pada white matter lobus parietal kanan kiri serta pons sisi kanan. sistem vertikal tak tampak kelainan . tampak akumulasi cairan pada pneumatic air cell mastoid kiri . Orbita dan sinus paranaselis tak tampak kelainan . Kesan : residu massa pada sisterna pontine kiri disertai subdural higroma pada serebelum sisi kiri. Lakunar infark pada lobus parietal kanan kiri serta pons sisi kanan. Seperti itu isi hasilnya dok, tolong artikan maksud hasil tsb scra keseluruhan pada saya. Terima kasih banyak dok sebelumnya.

dr. Citra Roseno

Dijawab Oleh:

dr. Citra Roseno

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Sebetulnya pertanyaan tersebut mungkin lebih tepat ditujukan kepada dokter yang merawat ibu Anda karena beliaulah yang mengetahui diagnosis, riwayat penyakit, melakukan pemeriksaan fisik dan membaca hasil pemeriksaan penunjang ibunda (X-ray, CT scan, MRI, dll). Sehingga juga dapat diketahui kesesuaian antara diagnosis dan hasil pemeriksaan. Namun saya akan mencoba menjelaskan seoptimal mungkin.

Sisterna pontine/Pontine cistern adalah ruangan yang terdapat pada pons (bagian batang otak) dan mengandung arteri basiler (arteri yang mensuplai darah ke otak bagian belakang, otak kecil, dan batang otak). Adanya massa pada ruang tersebut dapat menandakan adanya gambaran perdarahan atau tumor. 

Subdural higroma menandakan gambaran akumulasi/penumpukan cairan serebrospinal (Cerebrospinal Fluid) pada ruang subdural, dalam hal ini terjadi pada ruang subdural bagian otak kecil (cerebellum) sebelah kiri. Selaput otak memiliki beberapa lapisan. Ruang subdural adalah ruangan antara lapisan otak dura (luar) dan arachnoid (tengah). Pada kondisi normal, layaknya air liur yang dihasilkan oleh kelenjar liur, otak juga menghasilkan cairan CSF yang diproduksi di ventrikel otak, dan ikut mengalir pada lapisan otak yang membungkus otak dan sumsum tulang belakang. Fungsinya adalah membawa nutrisi otak dan sumsum tulang belakang serta membuang kotoran dari sistem saraf. Penumpukan CSF dapat diakibatkan sumbatan (dapat terkait dengan adanya massa, perdarahan, dsb) pada jalur sirkulasi CSF tersebut. 

Lacunar stroke atau infark lakunar (LACI) adalah jenis stroke berupa kematian jaringan otak akibat gangguan suplai darah pada salah satu arteri yang bertugas mensuplai darah ke bagian-bagian otak dalam tersebut. Hal-hal di atas memang dapat saling berkaitan namun tetap harus disesuaikan dengan kondisi medis dan hasil pemeriksaan ibunda oleh dokter yang merawat.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar