Sukses

Nyeri Perut saat Hamil
17 Mar 2016, 22:48 WIB
Wanita, 23 tahun.

Dok, saya mau tanya, kemarin saya baru USG utk pertama kalinya dan dokter kandungan di RS menyatakan saya hamil 4minggu. Tp knp perut saya masih mengalami sakit seperti PMS/sakit haid yg sering saya alami sebelumnya ketika akan haid. Apakah hal ini bahaya atau tdk utk kandungan saya yg msh trimester satu ini dok?

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari klikdokter.

Saat hamil, banyak perubahan yang terjadi pada ibu hamil baik secara fisik maupun psikologis. Terutama pada awal kehamilan, timbul beberapa keadaan yang sering disebut sebagai tanda dan gejala kehamilan, seperti:

- flek/perdarahan saat penempelan hasil pembuahan pada dinding rahim
- terlambat haid
- pembengkakan dan nyeri payudara
- mual dan muntah
- perut kembung, kram/nyeri perut bawah, sulit buang air besar
- sering buang air kecil
- sakit kepala, sakit punggung
- peningkatan nafsu makan
- peningkatan suhu tubuh basal
- perubahan warna puting susu, warna kulit lebih gelap
- ketidakseimbangan mood dan stres, kelelahan, dsb

Nyeri perut pada ibu hamil merupakan salah satu keluhan yang seringkali ditemui. Sebenarnya tidak semua nyeri timbul akibat suatu kelainan yang serius, terutama apabila hanya dirasakan sesekali, seperti pada kasus Anda. Pengaruh gas dalam perut, penekanan organ oleh rahim yang membesar, peregangan dan penebalan ligamentum penahan rahim, perubahan posisi tiba-tiba, dan konstipasi juga dapat menyebabkan keluhan yang serupa. Kondisi ini adalah wajar dan terkadang dapat pula disertai oleh flek/bercak perdarahan akibat implantasi hasil pembuahan ke dinding rahim.

Bagaimanapun, hal ini perlu dikonfirmasi kembali melalui pemeriksaan fisik dan penunjang untuk memastikannya. Adapun tanda-tanda pasti kehamilan (obyektif) adalah:

  • terasa bagian janin serta gerak janin pada perabaan
  • terdengar bunyi jantung janin pada auskultasi 
  • terlihat gambaran janin pada USG atau scanning

Pemeriksaan ultrasonografi (USG) dilakukan selama kehamilan untuk melihat kondisi embrio atau janin di dalam rahim ibu. Pada awal kehamilan, pemeriksaan USG dilakukan untuk melihat ada/tidaknya kantung kehamilan, embrio, dan denyut jantung janin. Kantung kehamilan umumnya terlihat saat usia kehamilan 4-5 minggu; embrio saat usia kehamilan 5-6 minggu; dan denyut jantung janin saat usia kehamilan 6-7 minggu. Kesulitannya adalah cara perhitungan usia kehamilan menggunakan HPHT seringkali tidak sesuai dengan usia kehamilan sebenarnya karena faktor ingatan ibu sehingga dokter menganjurkan Anda untuk menjalani pemeriksaan USG ulang 2 minggu kemudian.

Anda tidak perlu khawatir karena keluhan yang Anda alami saat ini masih dapat dikatakan wajar. Yang perlu diperhatikan adalah senantiasa menjaga kecukupan nutrisi Anda dan janin dalam kandungan Anda, disertai istirahat cukup dan olahraga secara teratur. Anda dapat memanfaatkan Rubrik Kehamilan dan Kandungan kami atau menggunakan fitur Kalender Kehamilan kami yang terletak pada bagian kanan halaman depan situs klikdokter.com untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai pertumbuhan dan perkembangan janin beserta tips-tips yang perlu diketahui ibu hamil sejak kehamilan minggu pertama hingga minggu ke-40.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar