Sukses

Gerakan Senam Untuk HNP

20 Mar 2016, 17:16 WIB
Pria, 48 tahun.

Berawal dr duduk bersila sambil sesekali membungkuk selama kurang lebih 2 jam. Saat bangkit pinggang terasa sakit. Esok hari mulai terasa nyeri sampai ke betis. Sudah mengunjungi dokter umum dan dirujuk ke sp saraf. diagnosa: HNP. Sdh mendapat obat dan fisiotherapy sesuai anjuran dokter. Saya mencari di internet cara penanggulangan HNP. Di youtube saya temukan beberapa video yg menunjukkan beberapa gerakan senam yg diklaim bisa mengatasi HNP. Antara lain: https://www.youtube.com/watch?v=mnbQAv5ru-s https://www.youtube.com/watch?v=XoNLPrsHzQY https://www.youtube.com/watch?v=9f1Y4OV3QlA Mohon petunjuk dokter, apakah gerakan2 yg ada di video itu aman dilakukan dan memang bisa mengatasi HNP. Demikian dan terima kasih atas perhatian yg diberikan.

dr. Citra Roseno

Dijawab Oleh:

dr. Citra Roseno

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. HNP (Hernia Nucleosus Pulposus) atau saraf terjepit memang perlu ditangani secara serius karena jika tidak ditangani dengan tepat maka dapat mengakibatkan komplikasi yang tidak diinginkan. Bergantung pada derajat HNP, berikut terapi yang umum dilakukan:

Terapi konservatif

  • Bed rest 3-6 minggu + obat anti nyeri
  • Pasien harus tidur di atas kasur yang keras, berlapis papan di bawahnya supaya kasur tidak melengkung selama beberapa minggu sampai 3 bulan.
  • Fisioterapi
  • Bila nyeri dan keluhan subyektif menghilang, maka mobilisasi dapat dilakukan lambat laun untuk kemudian dbantu dengan ‘braces’, ‘corset’ atau ‘belt’

Terapi operatif:

  • Operasi bertujuan untuk menghilangkan penekanan dan iritasi pada saraf sehingga nyeri dan gangguan fungsi akan hilang.
  • Harus dilakukan terutama jika sudah ada kelainan neurologik yang semakin memburuk

Jadi penanganan HNP pada setiap orang tentunya dapat berbeda. Hal ini bergantung pada lokasi ruas tulang belakang yang terkena, nyeri yang dirasakan pasien, kelainan neurologik yang terjadi (rasa baal, kelumpuhan, gangguan berkemih atau organ lainnya), kondisi tulang belakang pasien (misalnya pada pasien osteoporosis/tulang mudah rapuh), hingga struktur jaringan dan organ di sekitar tulang belakang pasien.

Olahraga senam sebagai bagian dari fisioterapi/terapi fisik umumnya dilakukan untuk mengurangi rasa nyeri dan memperkuat otot tulang belakang, namun tetap perlu disesuaikan dengan kondisi masing-masing pasien agar menghindari komplikasi atau efek yang tidak diinginkan. Karena pada beberapa kasus gerakan yang dirasakan nyaman oleh seseorang dapat menimbulkan nyeri jika dilakukan oleh individu lainnya.

Terapi fisik seperti olahraga memang penting untuk pasien dengan nyeri punggung bawah. Beberapa gerakan dalam video yang Anda sebutkan memang umum dilakukan sebagai bagian dari gerakan peregangan (stretching) dan gerakan yoga untuk mengurangi nyeri punggung bawah, merilekskan punggung, dan untuk membantu memperkuat otot punggung. Gerakan tersebut boleh saja dilakukan, namun lakukan secara perlahan-lahan, dan jangan dipaksakan atau segera berhenti jika Anda mulai merasakan nyeri karena nyeri adalah alarm dari tubuh bahwa ada sesuatu yang salah dengan tubuh Anda.

Jika Anda ragu, sebaiknya diskusikan dahulu dengan dokter atau ahli fisioterapi Anda agar latihan Anda lebih tepat guna dan Anda terhindar dari cedera yang tidak diinginkan. Mungkin juga akan ditambahkan gerakan senam tambahan yang lebih cocok untuk kondisi Anda dan dapat dilakukan di rumah. Yang juga perlu diingat, hindari posisi latihan yang dapat memperberat nyeri atau menambah tekanan pada punggung seperti gerakan memutar tubuh, angkat beban, atau gerakan yang dilakukan secara mendadak.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar