Sukses

Cara Meningkatkan Tinggi Badan

18 Mar 2016, 17:18 WIB
Pria, 14 tahun.

selamat malam dok saya pelajar dari palembang , waktu saya demam kemarin saya pergi ke salah satu dokter spesialis di palembang demam saya cukup tinggi namun saya kecewa setelah ibu saya{apoteker} memberi tahu bahwa obat itu {comtusi} mengandung kortikosteroid yang dapat menghambat bahkan menghentikan pertumbuhan tulang saya sempat kecewa berat bahkan saya marah karena itu mempengaruhi tinggi saya . nah saran dokter bagaimana agar dapat meningkatkan tinggi (saya rutin olahraga skipping) mungkin suplemen atau obat lainnya terimakasih dok

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah menggunakan Tanya Dokter Klikdokter.com

Tinggi badan seseorang dipengaruhi oleh beberapa hal, yaitu genetik (keturunan), gizi, dan lingkungan. Genetik dalam hal ini adalah tinggi badan kedua orangtua. Rumus memperkirakan tinggi anak berdasarkan tinggi orangtuanya adalah :

  • Anak laki-laki= (Tinggi Ibu + 13) + Tinggi Ayah (dalam cm) dibagi 2 ± 8,5 cm
  • Anak perempuan = (Tinggi Ayah - 13) + Tinggi Ibu (dalam cm) dibagi 2 ± 8,5 cm

Dari faktor gizi yang diperlukan tentu saja protein untuk pertumbuhan dan perbaikan sel yang diikuti oleh gizi seimbang dari sumber lainnya.  Perlu diketahui bahwa penambahan tinggi badan dapat dilakukan apabila lempeng pertumbuhan yang terdapat di tulang panjang masih terbuka. Lempeng tersebut terbuka pada saat usia pubertas dan baru akan menutup pada usia 20-21 tahun. Menutupnya lempeng pertumbuhan harus dibuktikan dengan foto rontgen di beberapa area tulang.

Saat ini yang perlu dilakukan adalah jaga  asupan nutrisi Anda yang cukup protein dan kalsium serta berolahraga teratur. 

Demikian informasi ini. Semoga bermanfaat

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar