Sukses

Terlambat Imunisasi Polio

20 Mar 2016, 15:03 WIB
Pria, 5 tahun.

asalamualaikum dokter.... saya mau bertanya ttg anak... apa betul klo anak yg udah berusia 5thn tidak boleh lg mengikuti imunisasi polio.... karna anak saya ga sampe sebulan lg berusia 5 thn...dan rumah sakit yg biasa saya bw anak untuk imun mengatakan batas anak imun polio berusia 59 bulan...lbh dari itu tidak bs lg..apa betul dok? posisi anak saya belom imun polio tahap V... alasan terlambat karna sering sakit.. solusi apa yg harus saya lakukan dok..?? terima kasih dokter

dr. Citra Roseno

Dijawab Oleh:

dr. Citra Roseno

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Pada dasarnya imunisasi polio wajib diberikan segera setelah lahir dilanjutkan dengan 3 dosis wajib pada usia 2, 4 dan 6 bulan. Tiga dosis yang diberikan setelah dosis pertama segera setelah lahir dapat memberikan proteksi yang cukup terhadap infeksi polio. Dosis berikutnya (setelah usia wajib tersebut) merupakan dosis penguat (booster) untuk tetap mempertahankan daya tahan terhadap virus polio hingga usia dewasa.

Empat dosis imunisasi yang telah diberikan pada masa kecil sudah cukup untuk melindungi orang tersebut dari infeksi. Dan, pada usia >18 tahun, kebanyakan orang dewasa telah kebal (terbentuk daya tahan) terhadap infeksi polio dan risiko untuk mendapatkan infeksi polio juga rendah.

Pekan Imunisasi Nasional Polio yang lalu ditujukan bagi anak berusia 0-59 bulan. Imunisasi diberikan pada semua balita usia tersebut tanpa memperhatikan status imunisasinya. Artinya, meskipun anak Anda sudah pernah mendapat imunisasi polio, anak Anda tetap harus mendapatkan imunisasi jika masih berada dalam rentang usia tersebut.

Setelah mengikuti PIN, anak tetap harus melengkapi imunisasi dasarnya karena PIN hanya bersifat tambahan saja. Pada anak yang sedang mengalami diare atau demam, imunisasi akan ditunda hingga anak sembuh. Meskipun Anda melewatkan PIN yang lalu, maka anda masih dapat membawa anak Anda ke fasilitas kesehatan terdekat untuk melengkapi sisa tahap imunisasi tambahan menjelang anak masuk usia SD (5-6 tahun) sesuai jadwal yang telah ditentukan IDAI.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar