Sukses

Hamil 7 Minggu : Apakah Sudah Perlu USG?
16 Mar 2016, 00:14 WIB
Wanita, 33 tahun.

Dok, saya memasuki kehamilan 7 minggu, apakah perlu dilakukan USG untuk melihat kondisi janin? Karena saya ingin melihat kondisi dan perkembangan janin.

Halo, terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.com

Pada kehamilan trimester pertama seperti yang Anda alami, USG biasanya dilakukan saat usia kehamilan 5 - 7 minggu untuk memastikan kehamilan berada di dalam rahim dan mengevaluasi kesempurnaan kantung janin. 

Sebenarnya tidak ada aturan khusus mengenai seberapa sering seorang wanita hamil harus melakukan pemeriksaan USG untuk mengevaluasi kehamilannya. Namun, dalam keadaan normal seorang wanita hanya perlu 3 kali melakukan pemeriksaan USG selama kehamilannya, yaitu :

  1. Pemeriksaan pertama pada trimester pertama, saat usia kehamilan sekitar 7 minggu untuk mengkonfirmasi kehamilan, menyingkirkan kemungkinan hamil diluar kandungan, melihat denyut jantung janin dan mengukur panjang janin (crown-rump length)

  2. Pemeriksaan kedua saat trimester kedua yakni usia kehamilan 18-20 minggu untuk mendeteksi adanya cacat janin. Pada usia ini, ukuran janin sudah cukup besar sehingga dokter dapat mendeteksi kelainan anatomi janin dengan lebih akurat. Disamping itu, pemeriksaan USG kedua ini juga bertujuan untuk memastikan diagnosis hamil kembar, mengevaluasi pertumbuhan janin dan letak plasenta

  3. Pemeriksaan ketiga saat trimester ketiga, pada saat janin berusia sekitar 32 minggu atau lebih untuk mengevaluasi ukuran dan berat janin (pertumbuhan janin), mendeteksi lebih lanjut kelainan janin, posisi plasenta.

Yang terpenting adalah lakukan kontrol teratur selama kehamilan kepada bidan ataupun dokter spesialis kandungan agar kondisi janin dan ibu senantiasa terpantau baik.

Semoga ibu dan bayi selalu sehat dan kehamilannya berjalan lancar ya.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar