Sukses

Anak Malas Menyusu

19 Mar 2016, 06:55 WIB
Wanita, 27 tahun.

Pagi Dokter. . . anak sy umur 29 bulan beberapa minggu ini anak sy susah sekali untuk minum sufor, rasanya ogah - ogahan begitu. . padahal sebelumnya nggak pernah begini. 5 hr yang lalu baru sembuh dari panas dan sariawan. atau mungkin dilangit - langit mulutnya masih ada sariawan sehingga ogah - ogahan untuk minum sufor nya. Terimakasih

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah berkonsultasi di Klikdokter,

Apakah Anda sudah melihat di dalam rongga mulutnya adakah sariawan atau bercak-bercak putih? Apabila iya kemungkinan hal itu merupakan penyebab paling mungkin anak Anda malas menyusu. Kondisi rongga mulut yang sedang mengalami peradangan akan membuat Si Kecil malas memasukkan segala sesuatu ke dalam mulut karena dapat memicu nyeri.

Bercak-bercak putih di dalam rongga mulut bisa merupakan infeksi jamur yang juga menimbulkan sensasi tidak nyaman pada mulut. Bedakan bercak putih bekas susu dan infeksi jamur ini. Pada bercak putih akibat susu maka akan hilang dengan pengusapan air hangat. Sedangkan pada jamur akan lebih susah diseka dan terdapat jejak peradangan seperti bagian sekitar yang tampak kemerahan. Infeksi jamur ini banyak menyerang bayi dan anak-anak. Apabila kemungkinan infeksi jamur maka sebaiknya diberikan tetes antijamur untuk mengatasi hal ini.

Atau perhatikan kaki dan tangannya? Adakah bercak merah yang timbul? Apabila ada dan disertai adanya sariawan pada rongga mulut, kemungkinan anak Anda mengalami flu singapura atau HFMD. FMD (Hand, Foot, and Mouth Disease) bukanlah jenis flu biasa yang kita kenal, sesuai dengan sasaran serangan penyakit tersebut (mulut, tangan dan kaki). 

Penyakit Kaki, Tangan, dan Mulut merupakan infeksi virus ringan yang sangat menular yang sering ditemukan ada anak-anak. Disebut demikian karena gejalanya memang dapat dilihat pada ketiga bagian tubuh tersebut. Pada mulut, muncul vesikel-veskel yang kemudian pecah membentuk luka yang bergaung (ulkus) pada lidah, gusi, dan pipi bagian dalam. Luka ini tentunya terasa nyeri sehingga penderita menjadi sulit menelan. Sedangkan pada kulit telapak kaki dan tangan akan muncul lesi-lesi merah yang datar atau benjolan kecil (papul), beberapa seperti gelembung kecil (vesikel) yang tidak disertai rasa gatal. Beberapa dapat ditemukan pada bokong.

Karena merupakan infeksi virus, penyakit ini akan membaik sendiri dalam 7-10 hari ketika antibodi tubuh sudah terbentuk (self-limiting disease). Sayang sekali kami memiliki keterbatasan dalam melakukan pemeriksaan fisik. Kami sarankan Anda mengunjungi dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik untuk diagnosis pasti dan diberikan penanganan yang optimal.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat

Salam,

 

0 Komentar

Belum ada komentar