Sukses

Hati-hati mencukur bulu ketiak

19 Mar 2016, 06:39 WIB
Wanita, 24 tahun.

Assalamualaikum Dokter, saya ingin menanyakan pada ketiak kanan saya terdapat bengkak/seperti ada daging tumbuh, lalu kata Ibu saya mungkin itu karena keturunan soallnya Ibu saya juga terdapat bengkaka pada salah satu ketiaknya. Bengkak pada ketiak ini tidak sakit, Kemudian pada pertangengan tahun lalu muncul benjolan kecil di bagian bawah ketiak kanan (dibawah ketik yang bengkak). Awalnya seperti bisul kemudian sakit lalu saya demam dan waktu diperiksa diberi resep obat, setelah meminum obat pada benjolan keluar darah dan nanah, setelah habis tinggal kantong daging yang kosong, namun belakangan bekas tersebut terasa sakit dan sesekali masih ada darah dan nanah yang keluar, apakah hal ini berbahaya Dok? Mohon pencerahannya tentang apa yang harus saya lakukan. Terima Kasih.

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah melakukan konsultasi di Klikdokter,

Apakah benjolan ini muncul ketika Anda sehabis mencukur bulu ketiak? Atau apakah Anda menggunakan deodoran?

Apabila iya, kemungkinan Anda mengalami Hidradenitis. Hidradenitis merupakan infeksi pada kelenjar keringat. Hidradenitis biasanya disebabkan oleh bakteri staphylococcus. Infeksi ini biasanya mengenai usia sesudah akil balik sampai dewasa muda. Sering didahului oleh luka kecil yang dipicu oleh keadaan banyak keringat, pemakaian deodoran, dan menggunting bulu ketiak.  Apabila didiamkan dapat menjadi bisul yang besar (abses), memecah, dan membentuk lubang. Kondisi ini disebut dalam dunia medis dengan Hidradenitis Supurativa. Penyakit ini bisa disertai dengan gejala demam dan lesu.

Penanganannya dapat dilakukan dengan kompres terbuka apabila bisul belum melunak. Caranya dengan menggunakan kain kasa yang tidak terlalu tebal sebanyak 3 lapis. Balutan jangan terlalu tebal, tidak perlu steril, dan jangan menggunakan kapas karena lekat dan menghambat penguapan. Kasa dicelup ke dalam cairan PK (permanganas kalikus) untuk kompres yang dapat Anda beli di apotek, kemudian diperas,dibalutkan dan didiamkan. Biasanya dapat dilakukan 2x sehari selama 3 jam. Balutan jangan terlalu basah dan jangan kering. Namun apabila telah terbentuk bisul yang besar (abses) harus dilakukan penyayatan pada abses untuk mengeluarkan nanah.

Selain kompres, obat minum dan obat oles juga dibutuhkan. Obat minum dapat menggunakan eritromisin atau klindamisin. Sedangkan obat oles gunakan neomisin.

Beriku ini adalah beberapa langkah pencegahan agar terhindar dari Hidradenitis :

  1. Menjaga kebersihan kulit, mandi secara rutin minimal 2x sehari
  2. Pastikan menggunakan alat cukur yang bersih dan tidak berkarat
  3. Menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan, kondisi menurunnya daya tahan tubuh akan memudahkan terjadinya infeksi
  4. Mengobati kelainan kulit, apabila ada kelainan kulit sebelumnya. Adanya kelainan kulit sebelumnya, fungsi kulit sebagai pelindung akan terganggu sehingga memudahkan terjadinya infeksi

Sebaiknya untuk kondisi Anda saat ini Anda memeriksakan kembali ke dokter yang menangani Anda, agar pada kondisi Anda bisa dibersihkan. 

Demikian informasi ini kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar