Sukses

Batuk dan BAB disertai Darah

16 Mar 2016, 08:19 WIB
Pria, 20 tahun.

saya perokok dan akhir2 ini saya mengalami batuk berdahak dengan sedikit sekali darah dan itupun sangat jarang sekali dan pagi ini saya (maaf)bab dengan adanya darah kira2 penyakit apa yang saya derita dok? dan pengobatannya bagaimana?

dr. Citra Roseno

Dijawab Oleh:

dr. Citra Roseno

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Buang air besar yang normal seharusnya tidak mengeluarkan darah. Bila mengeluarkan darah, perlu diperhatikan: Apakah darah keluar setelah selesai buang air besar? Menetes? Berapakah perkiraan banyak darah yang keluar? Ataukah darah keluar bersamaan dengan tinja? Apakah disertai rasa nyeri perut? Adakah rasa nyeri di daerah anus? Apakah mengalami kesulitan buang air besar? Apakah diare?

Pertanyaan-pertanyaan ini perlu dijawab karena buang air besar dengan darah dapat menjadi pertanda dari beberapa jenis penyakit, seperti infeksi (disentri), hemorrhoid (ambeien), hingga kanker kolon (usus besar).

Pada infeksi (disentri) biasa disertai dengan diare, nyeri perut dan terkadang demam dan darah biasanya keluar bersamaan dengan tinja. Pada hemorrhoid biasanya darah keluar setelah selesai buang air besar, terdapat kesulitan buang air besar, darah sering kali hanya menetes, dan dapat dijumpai adanya benjolan yang ikut keluar dari anus. Pada kanker kolon, biasanya darah keluar dalam jumlah agak banyak dan disertai rasa nyeri pada saat buang air besar, dapat disertai diare ataupun tinja yang berbentuk kecil-kecil.

Selanjutnya mengenai batuk darah yang Anda alami, sudah berapa lama Anda mengalami keluhan batuk? Apakah darah yang dikeluarkan banyak dan berapa banyak jumlah darah pada saat batuk? Apakah darah muncul pada saat batuk atau pada saat muntah atau bersamaan dengan tersedak? Apakah terdapat dahak bersama dengan darah? Adakah gejala lain seperti sesak napas, nyeri dada?

Batuk darah dapat disebabkan oleh banyak hal, yaitu:

  1. Infeksi Tuberkulosis Paru (TBC Paru)
  2. Infeksi paru (bronkitis, penumonia)
  3. Kanker paru
  4. Edema paru karena adanya masalah pada jantung
  5. Iritasi saluran napas karena batuk yang terlalu keras

Selain itu, batuk darah juga perlu dikonfirmasi apakah dari saluran pernapasan atau merupakan darah dari saluran cerna. 

Langkah terbaik untuk mengetahui penyebab keluhan Anda adalah dengan memeriksakan diri langsung ke dokter. Dokter akan melakukan wawancara medis mendetil, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang yang dibutuhkan agar diperoleh penanganan yang optimal. 

Berikut kami lampirkan artikel yang sekiranya dapat bermanfaat:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar