Sukses

Perawatan Saluran Akar Gigi

16 Mar 2016, 09:36 WIB
Wanita, 21 tahun.

dok, saat ini saya menjalani PSA sudah kunjungan k2, namun nanah masih muncul dari gusi diatas gigi saya yg waktu dulu patah (yg sedang di PSA) dan masih ada bengkak merah pada gusi. gigi depan saya tersebut sudah mati dan sudah berubah warna, apakah masih keluarnya nanah stlh knjungan k2 itu normal dok untuk gigi seri sebelah kanan?

drg. Arni Maharani

Dijawab Oleh:

drg. Arni Maharani

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran Anda terhadap kondisi gigi yang dialami. Berikut akan Kami berikan informasi sedikit mengenai perawatan saluran akar gigi.

Tahapan Perawatan Saluran Akar


 

Keterangan gambar dari kiri ke kanan:

  • Gmbr 1. Karies mencapai pulpa, terjadi abses di ujung akar gigi
  • Gmbr 2. Mahkota gigi dibor dan dipreparasi untuk memudahkan akses alat-alat endodontik
  • Gmbr 3. Saluran akar dibersihkan dengan jarum endodontik
  • Gmbr 4. Saluran akar diisi dengan bahan pengisi saluran akar, kemudian lubang gigi ditutup dengan bahan tambal dan direstorasi dengan mahkota tiruan.

 

Gbr. Ilustrasi gigi yang sudah dirawat saluran akar. Saluran akar telah diisi dengan bahan pengisi saluran akar, kemudian gigi harus dibuatkan restorasi

Setelah melewati beberapa hari dan saat pasien datang untuk kontrol tidak ada keluhan, lubang yang menganga pada gigi tersebut ditutup dengan restorasi. Ada beberapa jenis restorasi yang dapat dipilih, bergantung pada kondisi gigi. Mahkota yang dinding-dinding tegaknya masih utuh dapat dibuatkan tambalan dengan logam tuang yang dikerjakan di laboratorium, atau mahkota tiruan bila sudah banyak jaringan mahkota gigi yang hilang.

Memang perawatan ini memerlukan kesabaran baik dari dokter gigi maupun pasien, karena biasanya penyelesaiannya membutuhkan lebih dari satu kali kunjungan. Biayanya pun tidak kecil. Namun setidaknya dapat memperpanjang usia gigi tersebut berada dalam mulut.

Kami tidak dapat memastikan keadaan gigi Anda yang tengah menjalani perawatan saluran akar karena Kami tidak tahu secara pasti pada kunjungan yang telah dua kali dilakukan ke dokter gigi untuk perawatan saluran akar tersebut telah sejauh apa. Kami menyarankan agar Anda menanyakan langsung kepada dokter gigi yang merawat Anda, karena beliaulah yang memahami perawatan tersebut dan sebaiknya jangan sungkan untuk menanyakan tiap tahapan dan tindakan yang dilakukan pada Anda.

Demikian informasi yang dapat Kami berikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar