Sukses

Lidah Kurang Merasakan Asin dan Manis

15 Mar 2016, 13:53 WIB
Wanita, 26 tahun.

Dear Dokter, Saya mau menanyakan, akhir-akhir ini saya merasa lidah saya kurang dapat merasakan rasa manis dan asin. Apa penyebabnya ya, Dok? Apakah ada cara untuk mengobati hal tsb? Terima Kasih :)

drg. Arni Maharani

Dijawab Oleh:

drg. Arni Maharani

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.com.

Kami turut prihatin atas kondisi yang dialami dan memahami kekhawatiran Anda. Lidah merupakan salah satu  bagian tibuh yang mempunyai fungsi dalam sistem pencernaan kita selain itu juga dalam fungsi bicara. Lidah kita dapat berfungsi sebagai indera pengecapan dengan adanya ribuan tonjol-tonjol kecil yang disebut kuncup pengecap di permukaannya untuk dapat merasakan rasa  manis, pahit, asam dan asin. Kemungkinan yang Anda alami adalah telah terjadi kerusakan pada kuncup pengecap di lidah Anda. Ada banyak faktor penyebab di antaranya adalah bagian dari penuaan, kebersihan mulut yang buruk, pasien yang mengalami xerostomia (mulut kering), pasien yang sedang menjalani kemoterapi, gangguan pada saraf wajah atau sedang mengkonsumsi obat tertentu.

Anda bisa melakukan beberapa hal seperti membersihkan lidah dengan menyikatnya serta memperbanyak konsumsi air putih. Untuk memastikan kondisi yang Anda alami ini apakah terkait dengan kelainan atau penyakit tertentu atau tidak maka tentunya memerlukan pemeriksaan lebih lanjut. Kami sarankan Anda berkonsultasi dengan dokter gigi spesialis penyakit mulut untuk pemeriksaan dan tatalaksana lebih lanjut.

Demikian informasi yang dapat Kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar