Sukses

Gejala Infeksi Saluran Kemih

14 Mar 2016, 13:07 WIB
Wanita, 25 tahun.

dok, saya mau bertanya. sudah 2hari ini saat BAK terasa sakit, kandung kemih terasa penuh terus dan selalu ingin BAK. dan saat d periksa urin saya. hasilnya: kuning agak keruh, eritrosit:0-1, leukosit 10-15, dan epitel: 3-5. ini gejala penyakit apa ya dok? apakah ISK?

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-Konsultasi Tanya Dokter dari KlikDokter.com.

Kami mengerti kekhawatiran anda. Infeksi saluran kemih (ISK) merupakan salah satu penyakit tersering pada sistem saluran kemih manusia. Penyakit ini paling sering disebabkan oleh bakteri E.coli yang terdapat pada kotoran manusia. Wanita lebih sering mendapat penyakit ini dibandingkan dengan laki-laki. Adapun gejala ISK antara lain: Nyeri saat berkemih, sulit menahan keinginan untuk berkemih, rasa tidak lampias setelah berkemih,demam, dll. Diagnosis ISK ditegakkan oleh dokter bedasarkan hasil wawancara, pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan laboratorium. Pemeriksaan laboratorium yang diperiksa adalah pemeriksaan darah dan urin. Jika ditemukan adanya peningkatan leukosit di dalam urin atau ditemukan bakteri dalam urin, maka diagnosis ISK dapat ditegakkan. Jika sudah dapat ditegakkan maka dokter akan memberikan pengobatan kepada anda. Yang dapat anda lakukan di rumah adalah minum air yang cukup agar produksi kencing meningkat sehingga dapat membantu mempercepat penyembuhan penyakit ISK anda. Selain itu, anda juga harus meminum obat dari dokter secara teratur dan menjaga kebersihan organ genital anda. Penting bagi anda untuk memperbaiki cara cebok setelah BAB, yaitu ceboklah dari arah depan ke belakang bukan dari arah belakang ke depan agar bakteri dari daerah dubur tidak menginfeksi saluran kemih.

Pada kasus anda, dari gejala dan hasil pemeriksan urin, kemungkinan anda mengalami ISK, namun sebaiknya anda mengkonsultasikan hasil lab kepada dokter agar dokter dapat meresepkan obat yang tepat kepada anda.

Jika Anda memiliki pertanyaan seputar kesehatan, silakan kirimkan pertanyaan Anda melalui fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,RF

    0 Komentar

    Belum ada komentar