Sukses

USG 4D dan USG 2D

15 Mar 2016, 15:40 WIB
Wanita, 26 tahun.

selamat pagi dok. perkenalkan, saya sari, skrg sedang hamil 8 bulan. kemarin saya kontrol ke dokter kandungan dengan usg 4d. Dari hasil tsb saya diberi obat aspilet karena menurit dokter tsb tali pusar saya tersumbat sekitar 76%. pada bulan lalu saya kontrol ke domter dengan usg 2d, dokternya tidak mengatakan kalau tali pusar saya tersumbat. pertanyaannya, apa mungkin dalam sebulan saya langsung terjadi penyumbatan 70% pada tali pusar? atau apakah di teknologi usg 2d tidak terdeteksi penyumbatan tali pusar? saya tidak mau mengkonsumsi obat selama hamil dok, jadi apakah saya benar2 harus mengkonsumsi aspilet tersebut? terima kasih.

dr. Irma Rismayanty

Dijawab Oleh:

dr. Irma Rismayanty

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kami mengerti rasa khawatir yang Anda rasakan. USG (Ultrasonografi) adalah alat diagnostik atau skrining yang menggunakan gelombang suara frekuensi tinggi untuk memberikan gambaran dari organ di dalam tubuh atau janin di dalam rahim. Gelombang yang dikirimkan melalui alat tersebut akan direfleksikan kembali dan dikirim dari sudut yang berbeda. Keunggulan dari pemeriksaan USG 4D yaitu memungkinkan untuk melihat gerakan-gerakan janin di dalam rahim sesuai dengan 'real time.', seperti gerakan jari, kepala, hingga denyut jantung janin. Dengan demikian, adanya kelainan-kelainan bawaan pada janin dapat lebih jelas terdeteksi dibandingkan pemeriksaan dengan menggunakan USG 2D.

Pemeriksaan USG sebenarnya hanya dilakukan dengan indikasi tertentu. Idealnya, pemeriksaan USG dilakukan tiga kali selama masa kehamilan. Pemeriksaan USG paling penting dilakukan pertama kali saat usia kehamilan di bawah 12 minggu untuk mendeteksi ada-tidaknya kehamilan. Kemudian pada trimester kedua, yaitu usia kehamilan sekitar 18-20 minggu, bermanfaat untuk mendeteksi kecacatan pada janin yang mungkin saja terjadi. Jika anda sudah pernah melakukan pemeriksaan USG sebelumnya pada trimester pertama dan trimester kedua, maka sebaiknya anda melakukan pemeriksaan USG selanjutnya pada usia kehamilan 34-36 minggu, untuk menentukan posisi janin serta letak plasenta. Dengan begitu, bisa menentukan proses persalinannya. Anda boleh melakukan pemeriksaan USG diluar jadwal tersebut jika terdapat indikasi lain sesuai permintaan dokter.

Jika ada perbedaan antara hasil pemeriksaan 2D dan 4D bisa saja terjadi, saran kami anda mengunjungi dokter spesialis fetomaternal agar anda dapat memastikan apakah perlu mengkonsumsi aspilet karena penyumbatan tali pusat.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar