Sukses

Roentgen Pada Ibu Hamil
15 Mar 2016, 22:55 WIB
Wanita, 24 tahun.

Dokter, amankah ibu hamil melakukan chest x-ray?

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi klikdokter.com

Roentgen merupakan sebuah sarana untuk membantu menegakkan diagnosis suatu penyakit. Sebagai contoh foto roentgen thoraks (dada) diperlukan untuk mendiagnosis penyakit-penyakit di daerah sekitar dada, leher, dan perut atas. Namun pemeriksaan penunjang ini ternyata dipercaya memiliki efek “pasti” yang tidak menguntungkan bagi tubuh, terutama bagi janin dari ibu yang melakukan pemeriksaan radiologi, apakah benar demikian?

Sebelum kita menjawab pertanyaan tersebut, terlebih dahulu kita ketahui apa akibat dari paparan radiasi foto roentgen terhadap janin:

  1. Dapat menyebabkan gangguan sistem saraf pusat atau dapat menyebabkan kecacatan. Hal ini dapat terjadi akibat paparan saat janin berusia 10-17 minggu, pada saat ini sedang berlangsung perkembangan otak dan sistem saraf pusat.
  2. Meningkatkan resiko kanker darah pada janin, terutama leukimia
  3. Kemungkinan terjadi resiko mutasi genetik

Baik dokter maupun ibu hamil tentunya mengkhawatirkan mengenai potensi pajanan radiasi yang dapat membahayakan janin dalam kandungan. Namun perlu kita ketahui dosis akumulasi radiasi yang dapat membahayakan janin berada pada angka 5 rad. Berdasarkan literatur buku Williams Obstetrics 20th ed., pada pemeriksaan rontgen dada, pajanan dosis radiasi  terhadap janin berkisar 0,00007 rad, berarti butuh sekitar 70000 kali pemeriksaan roentgen dada untuk mencapai dosis 5 rad.

Penggunaan foto roentgen pada ibu hamil haruslah berhati-hati. Roentgen akan dilakukan jika kebutuhannya sangat mendesak seperti dalam hal menegakkan diagnosis dan penentuan terapi penyakit yang dapat mengancam nyawa ibu maupun janin. Ini berarti hasil yang didapatkan dari melakukan roentgen pada ibu hamil jauh lebih bermanfaat bagi kesehatan ibu dan janin dibandingkan dari kemungkinan resiko yang akan didapat.

Namun tentu saja sekecil apapun risiko yang didapatkan, akan lebih baik bila paparan ibu hamil terhadap roentgen dihindari sama sekali. Namun jika roentgen tetap harus dilakukan, gunakanlah apron (alat pelindung) khusus bagi ibu hamil untuk mengurangi paparan radiasi dari foentgen tersebut.

Pada ibu yang sudah terlanjur dilakukan pemeriksaan radiologi maka tidak perlu khawatir, sebab pajanan radiasi kurang dari 5 rad hanya kemungkinan kecil dapat menyebabkan gangguan atau kelainan pada janin maupun keguguran (KR)

Semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar