Sukses

Sering Buang Air Kecil dan Nyeri Pinggang, Apa penyebabnya?

16 Mar 2016, 10:28 WIB
Pria, 23 tahun.

Assalamu'alaikum Dok saya punya keluhan sering buang air kecil, saya sudah minum antibiotic thiamycin 500mg tapi belum juga sembuh, malah sekarang di sertai nyeri di pinggang sebelah kanan setiap merunduk. mohon solusinya dok biar sembuh..Terimakasih untuk jawabanya

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi klikdokter.com

Saudara, jika Anda mengeluhkan rasa ingin buang air kecil berlebih dan dengan volume yang sedikit-sedikit, apa lagi gejala tersebut disertai nyeri pada saat berkemih, kemungkinan Anda menderita infeksi saluran kemih.

Penyebab terbanyak infeksi saluran kemih ialah bakteri E. coli dan mikroorganisme lain yang dapat ditularkan melalui hubungan seksual. Pertama infeksi akan menyerang saluran kencing bagian bawah yaitu uretra, kemudian jika tidak ditangani dengan benar maka infeksi dapat menjalar ke kandung kemih, saluran ureter dan akhirnya infeksi akan menyerang ginjal. Infeksi yang telah menyerang ginjal dan saluran ureter ini akan menyebabkan rasa nyeri pada pinggang.

Jika Anda mengalami hal tersebut sebaiknya Anda segera berkonsultasi kepada dokter, dokter akan melakukan anamnesa secara mendalam untuk mengetahui penyebab keluhan tersebut. Kemudian dokter akan melakukan pemeriksaan fisik seperti ada atau tidaknya nanah, serta akan dilakukan pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan darah dan urine. Penggunaan antibiotik haruslah sesuai dengan anjuran dokter, namun jika antbiotik yang diberikan adalah resep  yang diberikan dokter maka obat tersebut haruslah dihabiskan.

Yang dapat Anda lakukan dirumah ialah:

  1. Banyak mengonsumsi air mineral, mengonsumsi air yang banyak dapat membuat kita lebih sering berkemih. Dengan kita sering berkemih maka kuman akan keluar bersama urine
  2. Jangan menahan-nahan berkemih
  3. Ganti pakaian dalam minimal 2 kali seminggu untuk menjaga hieginitas daerah vital

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. (KR)

0 Komentar

Belum ada komentar