Sukses

Amankah Ibu Hamil 6 Bulan Nonton Bioskop?

15 Mar 2016, 09:08 WIB
Wanita, 30 tahun.

Saya sedang hamil 6 bulan kalo nonton film di bioskop boleh ga ya, dok? soalnya kan janin sudah mulai bisa mendengar kalo denger suara kencang apa ga apa-apa?

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.com.

Silakan klik next untuk melanjutkan ke penjawaban dr. Karunia Ramadhan.

Amankah Ibu Hamil 6 Bulan Nonton Bioskop?

Pendengaran janin mulai berkembang sejak usia 8 minggu - 24 minggu. Sejak usia 16 minggu janin sudah dapat mendengar suara detak jantung ibu, aliran pembuluh darah maupun bising usus ibu, janin pun sudah mulai dapat mendengar suara dari luar walau belum terlalu jelas. pada usia 25 minggu janin sudah mulai dapat mendengarkan suara-suara yang berasal dari luar dengan baik. 

Saat ini ibu mengaku hamil usia 6 bulan, atau menurut perhitungan medis sekitar 24 minggu. Pada usia ini pendengaran janin sudah mendekati sempurna, dan janin sudah dapat mendengar suara yang berasal dari luar tubuh ibunya. Pada dasarnya datang ke bioskop adalah hal yang diperbolehkan bagi ibu hamil, terutama untuk mengurangi tingkat stress pada ibu terutama yang sedang menunggu proses persalinan. Namun tentu saja suara yang terlalu keras dan menyentak dapat membuat janin terkejut dan merasa tidak nyaman. Keadaan ini dapat menyebabkan stress pada janin seperti aktifitasnya yang meningkat. Dengan demikian penting bagi orang tua untuk memilih jenis film sebagai hiburan bagi ibu dan tetap memberikan rasa nyaman pada janin.

Alangkah baiknya sejak usia 16 minggu, dimana janin sudah mulai mendengar, janin diberikan pengenalan dengan suara yang indah seperti musik klasik, lantunan ayat suci, maupun suara dari kedua orang tuanya. Bagi orang tua rajin-rajinlah berkomunikasi dengan bayi Anda, karena sejak saat itu janin sudah mulai mendengar dan merekam suara Anda. Dengan semakin sering kita berkomunikasi anak akan semakin mengenal orang tuanya. 

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar