Sukses

Saat Bersin Dada Terasa Sakit, Apakah Sakit Jantung?

17 Mar 2016, 09:15 WIB
Wanita, 0 tahun.

Assalamualaikum dokter...saya fazli dari KL... ingin menanyakan...apabila saya bersin, saya akan rasa sakit d sebelah dada kiri sy....adakah sy ada sakit jantung atau paru2? mohon pencerahan, terima kasih.

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-Konsultasi KlikDokter.com.

Silakan klik next untuk melanjutkan ke penjawaban dr. Karunia Ramadhan.

Saat Bersin Dada Terasa Sakit, Apakah Sakit Jantung?

Bersin merupakan proses alamiah tubuh dimana keluarnya udara secara semi otonom yang terjadi dengan kuat melalui hidung dan mulut. Bersin adalah mekanisme pertahanan tubuh untuk mengusir bakteri dan kuman yang mengancam kesehatan, pada saat menderita influenza tubuh akan semakin sering bersin karena harus mengeluarkan banyak kuman dan virus dari dalam tubuh. Proses bersin itu sendiri dicetuskan oleh stimulasi fisik saraf trigeminal, kemudian rangsangan tersebut diantar ke otak dan untuk selanjutnya otak memerintahkan otot-otot seperti otot-otot dada, otot perut, otot disekitat tenggorok dan otot pita suara untuk melakukan aktifitas bersin. 

Hubungan nyeri dada dengan sakit jantung dan paru.

Hingga saat ini belum ada penelitian terkait yang menyebutkan hubungan antara bersin dengan kedua gejala tersebut. Namun secara ilmiah dapat dijelaskan bahwa pada saat bersin otot-otot dada dan otot diagfragma pada perut akan mengalami kontraksi yang kuat dan tiba-tiba. Kontraksi hebat ini memungkinkan timbulnya rasa nyeri di daerah sekitar dada. Beberapa orang akan mengira bahwa sakit yang dirasa berasal dari organ jantung. Pada penderita penyakit paru orang jarang merasakan nyeri pada organ parunya melainkan batuk, sesak nafas, dan suara nafas yang berbunyi, Jadi kemungkinan sakit pada organ paru dapat kita singkirkan.

Kasus penyakit jantung yang terbanyak ialah penyakit jantung koroner dan penyakit gagal jantung

Ada pun gejala penyakit pada jantung Koroner diantaranya:?

  1. Nyeri pada dada kiri yang menjalar ke leher, rahang dan lengan kiri
  2. Dada seperti tertimpa beban yang sangat berat, sesak nafas hebat
  3. Nyeri ulu hati
  4. Keringat dingin

Adapun gejala gagal jantung diantaranya:

  1. Cepat merasa lelah saat beraktifitas dan hilan saat beristirahat
  2. Sesak nafas seperti terengah-engah
  3. Nyeri pada dada kiri
  4. Kaki bengkak

Jika nyeri pada dada yang hanya timbul pada saat bersin namun hilang setelahnya bukan merupakan gejala dari penyakit jantung maupun paru, namun merupakan nyeri hasil dari kontraksi otot-otot yang terlibat dalam proses bersin tersebut.

Namun untuk memastikan apakah Anda memang tidak menderita penyakit tersebut terutama jika gejala menetap dan dirasa semakin berat, sebaiknya Anda bersegera untuk memeriksakan diri ke dokter guna mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut.

Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar