Sukses

Gigi yang Sudah Ditambal Nyeri dan Ngilu

11 Mar 2016, 14:48 WIB
Wanita, 24 tahun.

Maaf dok saya mau tanya. Gigi geraham bawah saya ditembel permanen pada tahun 2008. Sekarang gigi tembelan tersebut sering terasa nyeri sekali kalau dipake untuk mengunyah. kadang terasa nyeri dan ngilu pula kalau habis minum/makanan yang manis. 1. Ada apa dengan gigi saya ya Dok? 2. Apakah tembelan nya perlu dibongkar? terima kasih banyak atas penjelasan nya :)

drg. Arni Maharani

Dijawab Oleh:

drg. Arni Maharani

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.com.

Kami turut prihatin atas kondisi yang dialami dan memahami kekhawatiran Anda terhadap kondisi gigi yang sakit serta ngilu. Kondisi  gigi terasa sakit bila diketuk atau berkontak dengan gigi lawan saat mengunyah, itu adalah tanda telah terjadi peradangan pada jaringan periodontal (jaringan pendukung gigi, yaitu gusi dan tulang).  Sulit untuk menentukan apa yang terjadi pada gigi Anda tanpa pemeriksaan langsung. Bila memang telah terjadi peradangan dijaringan pendukung gigi karena infeksi melalui saluran akar maka diperlukan perawatan saluran akar. 

Perlu diantisipasi bahwa perawatan ini umumnya tidak selesai dalam satu kali kunjungan, apalagi bila telah terjadi abses, tidak bisa langsung dibuatkan restorasi. Jadi hendaknya pasien cukup disiplin untuk menepati jadwal kunjungan yang ditetapkan oleh dokter.

Umumnya setelah membersihkan saluran akar dokter gigi akan meletakkan medikamen (obat) antar kunjungan di dalam lubang gigi, kemudian ditambal sementara dan diberi jarak +/- seminggu, dan dilihat perkembangannya. Setelah perawatan dapat dianggap selesai, baru dibuatkan restorasi pada mahkota gigi. Jenisnya bergantung pada berapa banyak jaringan mahkota gigi yang masih tersisa. Pada gigi depan umumnya dibuatkan mahkota tiruan, biasanya terbuat dari porselen yang secara estetik cukup memuaskan dan memiliki kekuatan yang baik terhadap beban kunyah. Sebaiknya periksakanlah kondisi gigi Anda tersebut ke dokter gigi.

Demikian informasi yang dapat Kami sampaikan, semoga dapat membantu Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar