Sukses

Kapan Dapat Melakukan Tes Kehamilan
11 Mar 2016, 13:50 WIB
Wanita, 24 tahun.

Sore dok, dok sy ingin tahu kapan sy seharusnya bisa melakukan tes kehamilan, pada saat bulan desember sy haid tgl 14 dan berlangsung 1 minggu. januari awal haid sy tgl 11 januari dan berlangsung selama 1 minggu. bulan februari haid tgl 10 februari berlangsung sama 1 minggu jg. dan bulan maret ini sampai tgl 10 sy belum jg haid. sy bingung menentukan berapa lama siklus haid sy, apa hal tersebut termasuk siklus yang maju dan saat ini sudah bisa dikategorikan telat atau bagaimana dok. apakah sy sudah bisa melakukan uji kehamilan. mohon jawabanya, dan terimakash :)

dr. Citra Roseno

Dijawab Oleh:

dr. Citra Roseno

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Menghitung siklus menstruasi dimulai dari hari pertama haid saat ini hingga hari pertama haid berikutnya. Siklus menstruasi normalnya berkisar antara 21-35 hari dan berlangsung selama 3-7 hari. (Contoh: pada bulan Desember siklus Anda adalah 28 hari sejak 14 Des, selanjutnya 30 hari sejak 11 Januari, dst..) 

Dalam menghitung siklus menstruasi Anda, jangan jadikan bulan sebagai acuan karena terkadang mungkin saja Anda haid dua kali dalam bulan yang sama. Tanggal datang bulan tidak dapat dipastikan namun dapat diprediksi, cukup tambahkan 28 hari (rata-rata lama siklus normal) sejak hari pertama haid Anda yang terakhir. Dan jika jaraknya masih diantara 21-35 hari maka siklus menstruasi Anda terbilang normal.

Test Pack adalah suatu alat untuk mendeteksi kehamilan berdasarkan hormon B-HCG yang dihasilkan ketika seorang wanita hamil. B-HCG akan terdeteksi pada 8 hari setelah konsepsi (pembuahan sel telur oleh sel sperma) atau sekitar 1 minggu sebelum periode menstruasi berikutnya. Namun B-HCG saat ini (8 hari pasca konsepsi) hanya terdeteksi pada 5% wanita. Kebanyakan wanita akan positif pada hari ke 11-12 pasca pembuahan. 

Setelah menghitung dan memperkirakan siklus menstruasi berikutnya, Ibu dapat melakukan test  pack pada 7 hari pasca pembuahan atau 1 minggu sebelum menstruasi berikutnya, namun kemungkinan positif hanya 5% karena kadarnya kemungkinan masih 5 IU/L. Namun karena levelnya yang akan terus meningkat, maka Ibu tetap dapat melakukan test pack kembali pada 11-12 hari post konsepsi. Semakin lama Ibu menunda melakukan test pack (contoh: ketika 1 bulan telat haid) maka akan semakin besar kemungkinan Ibu positif (bila Ibu memang hamil). 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar