Sukses

Anak Mikrosefali
10 Mar 2016, 01:21 WIB
Wanita, 26 tahun.

Dok sya mempunyai ank kelainan pada lingkar kepalany.yg du nma kan pnyakit mikrosefali ap kan mungkin sya terkena penyakit toksoplasma ya dok?ap solusinya y dok sya ingin sekali menpunyai anak lg

dr. Karin Wiradarma

Dijawab Oleh:

dr. Karin Wiradarma

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Halo, kami memahami kekhawatiran Anda dan turut prihatin atas kejadian yang Anda alami.

Lingkar kepala anak lebih kecil daripada ukuran rata-rata disebut dengan mikrosefali. Pada mikrosefali, terjadi gangguan tumbuh kembang otak sejak dalam kandungan, sehingga mengakibatkan pertumbuhan dan kecerdasan anak tidak bisa sama dengan anak lain pada umumnya.

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan hal ini, memang salah satunya adalah infeksi toksoplasma pada ibu selama mengandung. Penyebab lainnya bisa juga infeksi rubela (campak jerman), infeksi cytomegalovirus (CMV), penyakit fenilketonuria pada ibu yang tidak terkontrol, keracunan merkuri, dan jika ibu menggunakan obat tertentu selama kehamilan, misalnya fenitoin dan alkohol.

Untuk dapat mengetahui penyebabnya, Anda harus melakukan serangkaian pemeriksaan laboratorium yang dapat diarahkan oleh dokter. Oleh karena itu, kami sarankan agar Anda berkonsultasi kepada dokter kebidanan dan kandungan.

Mikrosefali pada kehamilan berikutnya dapat dicegah apabila Anda mendapatkan terapi yang tepat.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar