Sukses

Jadwal Menstruasi Tidak Teratur

10 Mar 2016, 01:31 WIB
Wanita, 15 tahun.

dok, saya ingin bertanya. saya remaja putri normal(belum menikah) usia saya hampir 16 tahun, saya pertama kali menstruasi pada usia 13 tahun (sudah 2 tahun lebih). sejak awal-awal mens, setelah 1-2 minggu setelah menstruasi berakhir, sering muncul flek coklat/ lendir coklat kemerah merahan. selama flek tersebut keluar, tidak ada keluhan apapun, tidak berbau, tidak menyebabkan perubahan fisik/ keluhan fisik apapun. jadwal mens saya terkadang tidak teratur ( max. terlambat 14 hari, tetapi sangat jarang terjadi), lama mens dan volume yang keluar normal. bulan lalu saya mens tanggal 4, bulan hari ini, sampai hari ini (tgl 9) belum mens, tetapi sudah ada gejala pms. apakah flex coklat tersebut menandakan penyakit, dok? dan apakah jadwal mens saya berbahaya? terima kasih banyak atas bantuannya.

dr. Karin Wiradarma

Dijawab Oleh:

dr. Karin Wiradarma

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter di KlikDokter.com.

Halo, kami memahami kekhawatiran Anda.

Memang siklus haid dapat bervariasi, baik dalam lama maupun jumlah darah yang dikeluarkan.

Siklus menstruasi normalnya berkisar antara 21-35 hari dan berlangsung selama 3-7 hari. Jika siklus Anda masih dalam hitungan 21-35 hari maka, siklus Anda masih tergolong normal. 

Meskipun demikian, ada pula penyebab siklus menstruasi yang tidak teratur seperti yang Anda alami. Dalam kasus Anda, kemungkinan terjadi karena Anda belum lama mendapat haid. Pada 3-5 tahun pertama setelah haid pertama, memang siklus haid belum benar-benar teratur. Jangan khawatir, hal tersebut adalah wajar.

Namun demikian, ada pula hal-hal lain yang dapat menyebabkan gangguan siklus haid, seperti kurang gizi, kegemukan, stres, terlalu keras berolahraga, kekurangan vitamin K, menggunakan obat-obatan tertentu, kelainan pembekuan darah, dan gangguan tiroid.

Karena kemungkinan besar hal yang Anda alami adalah hal yang wajar, Anda dapat mengatasinya dengan menghindari akitivitas fisik yang terlalu berat, menghindari stres, makan makanan yang bergizi lengkap dan seimbang, dan tidur cukup.

Apabila keluhan ini masih berlangsung, bahkan bertambah berat, kami sarankan agar Anda dapat mengunjungi dokter kebidanan dan kandungan.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar